Pemkot Cilegon Siapkan Titik Evakuasi Antisipasi Tsunami

Helldy Agustian.
Helldy Agustian.
Sumber :
  • VIVA / Yandi Deslatama (Serang)

VIVA – Pemerintah Kota Cilegon menyiapkan sejumlah tempat evakuasi jika tsunami terjadi, seperti yang di prediksi oleh BMKG beberapa waktu lalu. Gedung sekolah, kelurahan hingga lapangan terbuka menjadi tempat masyarakat menyelamatkan diri.

Lokasi evakuasi sementara di Kota Cilegon yakni SDN Pulorida, SDM Gerem 3 di Kecamatan Grogol, lapangan terbuka Palm Hills, lapangan terbuka Karangjetak dan kantor Kelurahan Randakari.

"Sedangkan titik evakuasi akhir, SMP 4 Cilegon, kantor Kelurahan Jombang Wetan, Kelurahan Gunung Sugih, lapangan terbuka Kubang Lumrah Kidul Kelurahan Tegal Ratu," kata Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, di kantornya, Jumat, 3 Desember 2021.

Menurut Helldy, Kota Cilegon memiliki banyak industri berat dan kimia, namun baru RS Krakatau Medika (RSKM) yang memiliki kemampuan menangani korban kecelakaan atau paparan kimia.

Ilustrasi tsunami.

Ilustrasi tsunami.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dia juga meminta industri terus melakukan pelatihan tanggap bencana dan mitigasinya, untuk meminimalisir jatuhnya korban. Di mana, Kota Cilegon merupakan daerah yang rawan bencana alam, bencana industri dan bencana alam yang mengakibatkan bencana industri.

"Rumah sakit yang sudah disiapkan, yang baru bisa terhadap kimia ini baru RSKM. Kami minta untuk industri terutama, adanya simulasi," terangnya.