Genjot Ekonomi, Airlangga Minta Daerah Gali Potensi Desa Wisata

Menikmati Desa Wisata Pujon Kidul
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan, pemerintah akan terus mengembangkan berbagai desa wisata di Indonesia. Hal itu merupakan bagian dari pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan saat ini.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Dia menjelaskan, desa wisata itu diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.

Karena itu menurut Airlangga, tiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan. Sehingga percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa bisa terwujud.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

"Agar memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," ujar Airlangga dikutip dari keterangan resminya, Rabu 8 Desember 2021.

Airlangga menegaskan, sektor pariwisata sendiri merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sekor itu diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara hingga penerimaan devisa dan penyerapan tenaga kerja. Hal itu pada akhirnya dapat meningkatkan indeks daya saing pariwisata Indonesia di ranah global.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

"Saya juga mendorong agar pengembangan desa wisata untuk terus disinergikan dengan upaya pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas termasuk 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Sehingga dapat semakin memperluas manfaat ekonomi pengembangan destinasi pariwisata bagi masyarakat lokal," ujar Airlangga.

Saat ini pemerintah mencatat, ada sebanyak 1.831 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi mendaftar dan menjadi peserta pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Dari jumlah tersebut, tersaring 50 besar desa wisata terbaik yang meraih penghargaan pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dalam mewujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Airlangga berharap acara ADWI dapat menjadi wahana promosi potensi desa wisata di Indonesia bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Serta dapat memotivasi Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan desa-desa wisata baru sebagai pengungkit perekonomian desa dan daerah, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya