Sistem Regenerasi Kepemimpinan Pos Indonesia Diganjar Penghargaan

Sorot Jasa kurir - pos indonesia
Sumber :
  • Twitter.com/@PosIndonesia

VIVA – Pos Indonesia diapresiasi oleh Human Capital & Performance Award 2021 sebagai Pemenang Penghargaan Human Capital & Performance Awards 2021 dengan skor 4,50.

Pos Indonesia Kembali Salurkan Dana Bansos PKH dan Sembako di Mataram

Pos Indonesia memenangkan dua kategori, yakni sebagai The Best Recruitment and Workforce Planning Strategy (Logistics Industries) dan Direktur SDM dan Umum PT Pos Indonesia Tonggo Marbun meraih penghargaan sebagai Human Capital Director of the Year

Tonggo Marbun menerima penghargaan itu secara langsung dan menyatakan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. “Penghargaan ini diraih atas upaya transformasi yang dilakukan selama setahun terakhir dan menjadi validasi bahwa proses transformasi yang sudah dan sedang dilaksanakan menuju ke arah yang tepat,” ujar Tonggo dalam keterangan yang diterima VIVA, Sabtu, 25 Desember 2021.

Penyaluran Dana Bansos Sembako dan PKH di Kantorpos Tangsel oleh Pos Indonesia Capai 93%

Tonggo mengungkapkan, Pos Indonesia telah menjalankan 7 program transformasi untuk membawa perusahaan dari the loser menjadi the winner, yaitu business transformation, product and channel transformation, process transformation, technology transformation, human capital transformation, organization transformation dan culture transformation.

“Di antara 7 program transformasi tersebut, terdapat 3 program transformasi yang menjadi tanggung jawab Direktorat SDM dan Umum, yaitu Human Capital Transformation, Organization Transformation dan Culture Transformation yang kemudian diformulasikan ke dalam tiga fokus area perbaikan sampai tahun 2024 mendatang, yaitu human capital transformation, strategic capacity planning, dan digital talent,” ujarnya.

Regenerasi Petani, Kementerian Pertanian Beri Pembekalan pada Petani Muda

Terdapat beberapa aktivitas program yang sudah Pos Indonesia lakukan dalam tiga fokus area itu, di antaranya Pos Indonesia mulai membangun budaya digital. Tahun 2021 merekrut digital talent dan membangun digital mindset karyawan.

Ilustrasi pengiriman paket Pos Indonesia.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
 

Pos Indonesia juga melakukan akselerasi pengembangan human capital dengan kompetensi digital untuk membangun kapasitas digital karyawan dengan pengembangan dan pelatihan terstruktur serta berkesinambungan bagi digital talent sesuai kebutuhan bisnis.

“Pos Indonesia mengubah center of learning yang sebelumnya ada di learning center Perusahaan ke self centered learning. Karyawan juga didorong agar menumbuhkan kesadaran dan kemauan belajar dari dalam dirinya. Selain, itu, Pos Indonesia membangun talent pool termasuk di dalamnya terdapat proporsi talent perempuan dan milenial serta mendorong talent mobility antarunit kerja dan ke anak perusahaan,” katanya.

Dalam hal peningkatan engagement karyawan, Pos Indonesia mengintegrasikan performance management system dengan talent management melalui Integrated Talent Management System (ITMS), pengelolaan dan pengembangan talent Pos Indonesia dilakukan.

Selain itu, Pos Indonesia juga menyiapkan regenerasi dengan ADP (Accelerated Development Program) untuk mengejar gap kompetensi dan akselerasi karier millenial leader. Akselerasi karier milenial leader dimaksudkan untuk mengisi gap leader di posisi yang lebih tinggi. Sedangkan untuk keperluan jangka panjang, Pos Indonesia memiliki program LDP (Leadership Development Program) untuk mendorong pengembangan future leader.

“Pos Indonesia juga mengubah man power planning sesuai dengan perkembangan bisnis yang baru, mendorong program kemitraan di bidang pekerjaan tertentu dan pembentukan kompetensi baru sesuai dengan kebutuhan bisnis (re-modelling manpower) untuk mendorong productivity enhancement, mengubah kapasitas organisasi agar lebih fokus pada bisnis, simplifikasi birokrasi dan sentralisasi fungsi support dan terakhir, melakukan sentralisasi dan digitalisasi human capital service untuk meningkatkan employee experience,” katanya.

Ketua penyelenggara Human Capital & Performance Award 2021 Irnanda Laksanawan menambahkan, penghargaan itu berdasarkan penilaian objektif dan independen. "Proses seleksi diawali dari penilaian Human Capital & Performance Awards 2021 dari lebih 400 perusahaan di Indonesia,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya