Bakal Jadi yang Terpanjang di RI, Kemenhub Bangun Rel Layang Solo

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jalur Rel Ganda dan Rel Layang Simpang Joglo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA

VIVA – Kementerian Perhubungan resmi memulai pembangunan rel ganda kereta api Solo-Semarang fase 1 segmen Solo Balapan-Kalioso sepanjang 10 Km. Dari seluruh proyek ini 1,8 Km rel akan dibangun secara layang (elevated). 

Buka Rute Pelayaran Langsung Ekspor ke China, Menhub Budi Pesan Ini

Dikutip dari instagram @budikaryas, Minggu 9 Januari 2022, dijelaskan bahwa proyek ini merupakan rel layang terpanjang di Indonesia, yang diharapkan dapat mengatasi kemacetan di perlintasan sebidang Simpang Joglo, Solo.

Adapun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming melakukan Ground Breaking Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan–Kalioso, dan Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Joglo, Kota Surakarta pada Sabtu 8 Januari 2022 kemarin.

Tarif Angkutan Barang akan Diatur Kemenhub

Baca juga: Menteri Bahlil: Tiga Juta Hektare Lebih Konsesi Hutan Bakal Dicabut

Menurut Budi, proyek rel ganda KA Solo Balapan-Kalioso dibangun dengan biaya sekitar Rp920 miliar. Dan ditargetkan proyek ini selesai pada akhir 2023. 

Berhari-hari Tak Muncul, Gibran Positif COVID-19 Lagi

Sementara, pembangunan underpass jalan nasional yang menghubungkan Jalan Ki Mangunsarkoro dan Jalan Sumpah Pemuda dikerjakan Kementerian PUPR, dan pembebasan lahan jalan provinsi dan kabupaten/kota oleh Pemprov Jateng dan Pemkot Solo.

Budi berharap, dengan adanya proyek Simpang Joglo ini maka diperkirakan membuat headway (waktu kedatangan) kereta api tak menjadi lebih dari 30 menit. 

KRL Manggarai Jalur Layang

Photo :
  • Twitter/Argo_Gede

Selain itu, dengan dibangunnya rel layang headway kereta api diharapkan turun signifikan menjadi kurang dari 15 menit. Kemudian, lalu lintas di Simpang Joglo yang sangat padat dan menjadi titik kemacetan berkurang.

"Semoga pembangunan Rel KA Layang ini dapat menjadi jawaban untuk menyelesaikan masalah lalu lintas jalan, dan pergerakan kereta api di wilayah Solo. Amiin," ujar Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya