Sandiaga Uno Tidak Terima MotoGP Mandalika Diancam Batal Gegara Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • VIVA / Wafa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan, pemerintah tak terima terkait adanya ancaman pihak tertentu yang siap membatalkan ajang MotoGP 2022 di Mandalika. Hal itu disebut jika kewajiban karantina tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu, Chief Executive Officer Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengungkapkan berencana membatalkan ajang MotoGP, jika tetap memberlakukan aturan wajib karantina bagi peserta dan kru.

“Saya ingin sampaikan di sini secara tegas kita ini negara hukum. Indonesia adalah negara hukum yang sudah menerapkan pengendalian pandemi COVID-19 sesuai dengan kaidah terbaik, dan kita sudah menjadi best practice,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin, 17 Januari 2022.

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika

Photo :

Sandiaga menjelaskan, Indonesia sedang fokus dalam menangani pandemi dan kebijakan ekonomi. Karena itu, Pemerintah tidak akan menerima ancaman dari pihak yang mengaku siap membatalkan ajang MotoGP karena kebijakan penanganan pandemi COVID-19.

“Kita akan selesaikan kewajiban (penanganan pandemi dan kebangkitan ekonomi) kita,” ujar Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menyampaikan, travel bubble menjadi skema yang diterapkan pada periode karantina yang berlaku untuk kru, pembalap, dan penyelenggara resmi (officials) MotoGP. Ketentuan karantina tersebut mengatur kru, pembalap, dan officials MotoGP untuk menginap di sebuah hotel khusus.