Krisis Batu Bara Berakhir, PLN Janji Tak akan Terulang Lagi

Dirut PLN Darmawan Prasodjo.
Dirut PLN Darmawan Prasodjo.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

VIVA – Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, pihaknya menjamin krisis pasokan batu bara untuk pembangkit listrik tidak terulang kembali di masa depan.

Darmawan mengatakan, PLN telah melakukan reformasi secara besar-besaran terkait manajemen pengelolaan batu bara yang dibutuhkan sebagai bahan baku. Saat ini ditegaskannya, kondisi krisis tersebut telah berakhir.

"Penguatan regulasi untuk enforcement DMO (Domestic Market Obligation) oleh Kementerian ESDM dan reformasi manajemen batu bara oleh PLN mengubah kondisi krisis menjadi aman," ujar Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII, dikutip Kamis, 27 Januari 2022. 

Dia menjabarkan, PLN kini telah melakukan empat reformasi manajemen batu bara untuk menjamin sustainability pasokan. Pertama, pasokan batu bara diperoleh langsung dari para penambang yang memiliki kredibilitas sebagai pemasok sesuai dengan kualitas dan volume yang sesuai kebutuhan PLTU.

Kedua lanjutnya, kontrak jangka panjang dengan para penambang yang lebih menekankan pada aspek keberlanjutan pasokan. Dibandingkan dengan aspek fleksibilitas pasokan.

Batu Bara dari site BUMI, PT Kaltim Prima Coal, Sangatta, Kalimantan Timur.

Batu Bara dari site BUMI, PT Kaltim Prima Coal, Sangatta, Kalimantan Timur.

Photo :
  • Dok. BUMI

Kemudian yang ketiga, manajemen logistik melalui perubahan paradigma sistem logistik end to end yang sebelumnya berfokus kepada logging indicator (ETA). Berubah menjadi lebih berfokus kepada leading indicator (pengawasan di pelabuhan), sehingga apabila kegagalan loading, maka tindakan korektif dapat dilakukan.