Percepat Penyelesaian Tol Ini, Waskita Cairkan PMN Rp1,24 Triliun

Gedung Waskita Karya
Sumber :
  • Dok. Waskita

VIVA – PT Waskita Karya Tbk, melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) telah memberikan Shareholder Loan (SHL) atau pinjaman pemegang saham kepada PT Waskita Transjawa Toll Road (WTTR), yang berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,24 triliun.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Adapun dari alokasi dana tersebut sebesar Rp1,22 triliun, akan digunakan untuk penyelesaian Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A. Di mana tol tersebut ditargetkan selesai pada 2022. 

Kemudian, sisa dari alokasi senilai Rp204 miliar akan digunakan Waskita untuk pembayaran retensi konstruksi Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 17 Februari 2022: Global Stabil, Antam Naik

Direktur Utama PT Waskita Karya, Destiawan Soewardjono mengatakan, dengan alokasi dana tersebut, perseroan optimis pendapatan usaha dari jasa konstruksi akan meningkat.

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

“Paling tidak mencapai level pre COVID-19 dengan tingkat burn rate yang lebih tinggi, serta memperlancar proses divestasi yang akan dieksekusi tahun ini,” ujar Destiawan dari keterangannya pada, Kamis 17 Februari 2022.

Adapun perseroan menargetkan 3-4 divestasi jalan tol akan dieksekusi tahun ini, dan salah satunya diharapkan berasal dari WTTR.

Jalan tol Pejagan-Pemalang

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

“Dengan tereksekusinya target divestasi jalan tol tahun ini, perseroan dapat meningkatkan likuiditas dan profitabilitas serta mengurangi utang melalui dekonsolidasian,” ujarnya.

Ia melanjutkan, melalui dukungan dari Pemerintah serta implementasi 8 streams penyehatan keuangan Waskita, perseroan akan fokus pada bisnis operasional, salah satunya melalui penyelesaian Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya