Dua Aplikasi Media Rusia Diblokir Google dari Play Store Eropa

Ilustrasi Google Play Store.
Sumber :
  • tested.com

VIVA – Dua media besar Rusia RT dan Sputnik mendapatkan pemblokiran aplikasi dari Alphabet Inc, perusahaan induk Google. Pemblokiran aplikasi tersebut dilakukan pada Google Play Store di Eropa.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Dikutip dari Antara, Kamis 3 Maret 2022, dijelaskan bahwa sejumlah perusahaan teknologi sudah membatasi distribusi dan alat beriklan untuk media Rusia.

Hal itu, setelah Komisi Eropa mengeluarkan sanksi kepada dua media tersebut karena kekhawatiran menyebarkan misinformasi soal perang di Ukraina.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Baca juga: Tak Ikut Jatuhkan Sanksi, China: Aksi Rusia ke Ukraina Bukan Invasi

Google Maps.

Photo :
  • laSexta

7 Rahasia Google

Wakil pemimpin redaksi RT, Anna Belkina, dalam keterangan resmi menyatakan perusahaan teknologi yang memutus distribusi media mereka tidak memiliki bukti mereka membuat berita palsu.

Sementara itu, Sputnik tidak memberikan keterangan. Google sebelumnya sudah menghapus media yang didanai pemerintah Rusia itu dari layanan berita Google News dan untuk sejumlah fitur di YouTube.

Blokir ini juga berlaku untuk mesin pencari Google Search. Apple menyatakan aplikasi RT News dan Sputnik News tidak bisa lagi diunduh dari App Store di luar Rusia. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya