Kilang Pertamina Balikpapan Kebakaran, Tak Sampai 1 Jam Padam

Asap kebakaran di kilang pertamina Balikpapan.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA – Kilang minyak milik PT Kilang Pertamina Internasional, terbakar hari ini tepatnya pukul 10.32 WITA. Adapun lokasi terbakarnya kilang minyak tersebut terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Menanggapi hal tersebut PT Kilang Pertamina Internasional melakukan gerak cepat pemadaman api di sekitar area kilang. Adapun saat ini Kilang Balikpapan telah dalam kondisi aman dan tetap dapat beroperasi.

“Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan 4 unit truk pemadam terus menyiramkan air,” kata Are Manager Communication, Relation dan CSR Kilang Balikpapan, Ely Chandra dari keterangannya, Jumat 4 Maret 2022.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Baca juga: Pebisnis AS dan Eropa Putus Hubungan dengan Rusia, Bagaimana China?

Adapun penyebab timbulnya api hingga saat ini belum diketahui dengan pasti, dan saat ini masih menunggu hasil investigasi.

Truk Tangki Pertamina Tabrak Motor di Bojonegoro, Satu Keluarga Tewas

“Api yang sempat timbul telah berhasil dikendalikan sekitar pukul 11.00 WITA,” ujarnya.

Peralatan utama produksi BBM setara Euro 5 dipasang di Kilang Balikpapan. Beratnya lebih dari 900 ton.

Photo :
  • Pertamina

Dengan adanya kejadian tersebut Ely mengimbau, agar masyarakat di sekitaran kilang minyak untuk tidak panik. Dikarenakan kejadian tersebut masih di dalam dalam perimeter kilang dan saat ini api telah berhasil dikendalikan.

Ely melanjutkan, saat ini tim terus melakukan pendinginan dengan menggunakan air dan foam. Dan setelah kejadian itu kilang tidak mengalami kendala, serta tetap dapat kembali beroperasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya