Rusia-Ukraina Tak Temui Kesepakatan, Rupiah Melemah Lagi Hari Ini

Nilai tukar rupiah-dolar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi 11 Maret 2022, pukul 09.06 WIB. Rupiah melemah sebesar 0,22 persen ke posisi Rp14.294 per dolar AS dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.276 per dolar AS.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.298 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini berpotensi berbalik melemah. Hal itu disebabkan, setelah hasil negosiasi Rusia dan Ukraina tidak menemui kesepakatan kemarin di Turki.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

“Ini artinya Rusia masih akan melanjutkan invasi di Ukraina hingga tujuannya tercapai,” ujar Ariston kepada VIVA, Jumat 11 Maret 2022.

Pekerja menunjukkan uang rupiah dan dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Adapun dengan hal tersebut, perang yang terus terjadi akan semakin mendorong kenaikan harga komoditi dan kenaikan inflasi dan dapat menekan pertumbuhan ekonomi global.

“Selain itu setelah rilis data inflasi konsumen AS bulan Februari semalam, ekspektasi terhadap kebijakan kenaikan suku bunga acuan AS yang agresif meningkat. Dan ini memicu penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya,” jelasnya.

Ariston menambahkan, inflasi konsumen yang dirilis AS di bulan Februari naik sebesar 7,9 persen. Angka itu menjadi yang tertinggi dalam 40 tahun ini.

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini, berada pada kisaran Rp14,350. Dengan potensi support di kisaran Rp14.250.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya