Bangun SPKLU di Tanah Air, PLN Gandeng Bank Himbara

SPKLU Mobil Listrik
Sumber :

VIVA – PT PLN (Persero) menandatangani nota kesepahaman dengan para direksi bank-bank Himbara, guna mendapatkan dukungan pembiayaan untuk pembangunan dan pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Jokowi Beri Sinyal Kelanjutan Insentif Mobil Hybrid

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN bersama Himbara yang beranggota empat bank, yaitu BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri, berkomitmen untuk mengembangkan energi bersih dan menurunkan emisi karbon. 

"Kerja sama ini bukti nyata dukungan Himbara terhadap pelaksanaan transisi energi sesuai arahan Presiden Joko Widodo, dan upaya mendukung ekosistem kendaraan listrik guna mempercepat tercapainya target net zero emission pada 2060," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Senin 28 Maret 2022.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Baca juga: Megawati Jelaskan Awal Dirinya Bicara Kelangkaan Minyak Goreng

Darmawan menjelaskan, pembangunan SPKLU yang masif sangat penting dalam mendukung kendaraan listrik di Indonesia. Karenanya, langkah PLN percepat pengadaan SPKLU merupakan bentuk komitmen dalam mendukung transisi energi dan mengurangi emisi karbon.

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Dengan adanya dukungan dari Himbara, Darmawan berharap pembangunan dan pengembangan SPKLU bakal kian masif dengan jangkauan yang semakin luas. Dia meyakini, pembangunan SPKLU akan meningkatkan minat masyarakat dalam memiliki kendaraan listrik.

"Masyarakat akan semakin mudah menemukan fasilitas pengisian tenaga listrik," ujarnya.

Darmawan meyakini, kerja sama ini juga akan berdampak pada citra positif Indonesia di mata dunia Internasional. Sebabnya, program-program penggunaan energi yang ramah lingkungan ikut didukung oleh perbankan nasional.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk electric vehicle (EV) charging mobil listrik.

Photo :
  • ANTARA

Selain itu, lanjut Darmawan, citra perbankan Indonesia pun terangkat karena telah menyediakan green financing dalam pipeline pendanaan infrastruktur di Indonesia.

"Kami harap dukungan Himbara terhadap program pengembangan energi hijau akan terus berlanjut, khususnya pada pembangunan ekosistem kendaraan listrik nasional," ujarnya.

Diketahui, hingga Februari 2022, total SPKLU secara nasional tercatat sebanyak 267 unit yang tersebar di 195 lokasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 120 SPKLU yang tersebar di 92 lokasi merupakan milik PLN. 

PLN juga memberikan promo berupa insentif bagi para pemilik kendaraan listrik, yaitu berupa diskon tambah daya dan pemasangan home charging station secara gratis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya