Rupiah Melemah Dipicu Kekhawatiran Terhadap Kenaikan Inflasi

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Senin pagi, 11 April 2022, pukul 09.13 WIB. Rupiah melemah sebesar 0,08 persen ke posisi Rp14.386 per dolar AS dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.361 per dolar AS.

Indonesia dan UEA Sepakat Tinggalkan Dolar AS Dalam Transaksi Bilateral

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp14.365 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini berpotensi tertekan. Dikarenakan kekhawatiran pasar terhadap kenaikan inflasi, akibat dari invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Nilai Tukar Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Yamaha Ikut Naik?

“Karena kenaikan inflasi yang tinggi bisa menahan masyarakat untuk melakukan pembelian, menurunkan tingkat konsumsi. Sehingga pertumbuhan ekonomi menjadi tertekan,” ujar Ariston kepada VIVA, Senin 11 April 2022.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Cadangan Devisa RI Maret Turun Jadi US$136,2 Miliar Buat Bayar Utang dan Stabilisasi Rupiah

Ariston melanjutkan, ekspektasi kebijakan pengetatan moneter AS yang agresif tahun ini juga memberikan tekanan untuk rupiah. Pada ekspektasi itu tercermin dari yield obligasi pemerintah AS yang terus meninggi. Sehingga terus menciptakan level tertinggi baru tahun ini.

“Untuk tenor 10 tahun sudah di 2,7 persen. Ekspektasi tersebut bisa mendorong penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya termasuk rupiah,” terangnya.

Sementara dari dalam negeri, Ariston mengatakan isu demo yang akan dilakukan mahasiswa hari ini juga akan menjadi perhatian pasar. Dengan demo yang berakhir damai akan memberikan sentimen positif kepada rupiah, bila tidak akan memberikan sentimen negatif terhadap rupiah.

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini ada di kisaran Rp14.380. Dengan potensi support di kisaran Rp14.340.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya