Profil Afriansyah Ferry Noor, Wamenaker yang Baru Dilantik Jokowi

Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Ferry Noor.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) periode 2019-2024, Afriansyah Ferry Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) mendampingi Ida Fauziyah. Ferry lahir di Jambi, 20 April 1972.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Menjalani masa kecil dan remaja di wilayah Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Ferry tercatat pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 5 Lubuk Linggau hingga lulus di tahun 1984. Kemudian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Lubuk Linggau dan lulus pada 1987, serta Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Jambi hingga tamat di tahun 1990.

Ferry pun melanjutkan jenjang kuliahnya di Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) hingga lulus pada tahun 1997. Pada masa kuliah, dia juga tercatat pernah bekerja sebagai pengawas proyek PT Nusa Raya Cipta pada tahun 1996.

Wamenaker Afriansyah Noor Bertemu Prabowo saat Hadiri Open House di Istana Negara

Pengalaman Sebagai Direktur di Berbagai Perusahaan 

Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Wamenaker Afriansyah Noor Hadir di Open House Jokowi di Istana Negara

Di dunia kerja, Ferry sempat menorehkan pengalamannya sebagai direktur di sejumlah perusahaan. Antara lain sebagai Direktur Operasional PT Harna Ruas Permai (1998-2000), dan Direktur Marketing PT. Yosinesta Dwipratama (2004).

Kemudian, Ferry juga pernah menjabat sebagai Direktur Operasional PT Kamba 9 (2004-2005), Direktur Operasional PT Georai Pratama (2005) dan Direktur Pengamanan Aset & Penertiban DP3KK (Badan Pengelola Komplek Kemayoran) di medio 2005-2008.

Orang Kepercayaan Yusril

Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Tak hanya itu, dia juga pernah tercatat menjabat sebagai Dewan Pembina Yayasan Agung Darma Fiskal Plus Education pada tahun 2004-2005. Ferry pun mengawali karier politiknya di Partai Bulan Bintang (PBB) sejak tahun 1998, hingga disebut-sebut menjadi salah satu orang kepercayaan Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra.

Di PBB, Ferry juga pernah empat kali menjadi calon anggota legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dimana yang terakhir yakni pada Pemilu 2019 sebagai caleg dari daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan I.

Ferry juga merupakan seorang suami yang beristrikan Lin Nurhayani, dan dikaruniai empat orang anak yakni Putri Ariska Anggraini Noor, Akmal Farhansyah Razzak, Lutfia Nur Hasna Rahmatika, dan Putra Ramzzysyah Noor Razak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya