15 Pejuang BI Bareng TNI AL Keliling Sebar Rupiah ke Pulau 3T Papua

Dengan KRI Posepa, Bank Indonesia dan TNI-AL sebar rupiah di pulau 3T Papua.
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Bank Indonesia bekerja sama dengan TNI AL Lantamal X Jayapura menggelar ekspedisi rupiah berdaulat 2022 di kawasan daerah terdepan, terluar dan terpencil (3T) Provinsi Papua

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Dalam kegiatan ini Bank Indonesia menurunkan sebanyak 15 pejuang rupiah bersama TNI AL, mereka berkeliling untuk mengedarkan uang rupiah atau kas keliling ke 8 pulau terdepan, terluar dan terpencil (3T) yakni Pulau Liki, Teba, Waropem, Pulau Yapen, Pulau Numfor dan Pulau Bepondi. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya mengatakan, Bank Indonesia dari waktu ke waktu terus melakukan perluasan jangkauan layanan peredaran uang rupiah ke seluruh wilayah NKRI. 

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 20 Juni 2022: Global Datar, Antam Stagnan

Selain memiliki jaringan 46 kantor perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan Perbankan dan TNI, untuk dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI termasuk pulau-pulau terluar, dan daerah perbatasan sehingga rupiah dapat hadir seluruh penjuru negeri. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

“Kehadiran rupiah di seluruh pelosok negeri merupakan wujud kontribusi kami dalam menjaga Kedaulatan Negara, karena Rupiah adalah simbol kedaulatan negara,” kata Juli Winantya di Pelabuhan Jayapura, Senin, 20 Juni 2022.

Ia mengatakan, sinergitas strategis antara TNI AL dan BI telah dimulai sejak 2012, melalui kegiatan pelayanan kas keliling di daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Terpencil) di seluruh wilayah NKRI. 

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu penyediaan uang layak edar di pulau-pulau terluar yang sulit terjangkau dengan transportasi umum.

“Sejak 2012 sampai dengan 2021, Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut telah melaksanakan 76 kali kegiatan Kas Keliling 3T di 399 pulau. Kemudian tahun ini BI dan TNI AL akan memperluas jangkauan layanan kas keliling dengan program yang lebih terpadu dengan mengusung tema Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, yang dilaksanakan kegiatan kaskel 3T sebanyak 16 kali di 16 Provinsi dengan target 81 pulau yang dikunjungi,” ujarnya.

Selain kegiatan pengedaran uang, pada ERB juga dilakukan kegiatan sosialisasi atau edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah serta Program Sosial Bank Indonesia bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dengan penyaluran bantuan di sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial budaya, dan juga pemberdayaan ekonomi.

Disebutkan Juli Winantya, kegiatan ERB hari ini merupakan kegiatan ERB yang kesembilan kalinya dilakukan pada 2022, pada pagi hari ini di wilayah Timur Indonesia di Provinsi Papua.

“Kita melakukan pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 dengan melakukan kegiatan kas keliling 3T di Provinsi Papua pada 20-26 Juni 2022 yang akan mengunjungi 6 titik daerah dengan menggunakan Kapal Perang KRI Posepa 870,” ungkap Juli Winantya.

Uang rupiah.

Photo :
  • vstory

Selain memperoleh uang Rupiah yang layak edar untuk bertransaksi, masyarakat kepulauan 3T di Papua juga akan memperoleh pemahaman mengenai ciri keaslian hingga cara memperlakukan uang Rupiah melalui sosialisasi gerakan Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah. 

Sementara itu Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung menyampaikan, TNI AL akan mendukung penuh Bank Indonesia dalam mengedarkan uang kepada masyarakat di pulau 3T dengan mengerahkan KRI Kas Keliling. 

“Kita membantu Bank Indonesia untuk mendistribusikan uang rupiah yang baru kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan atau menimbulkan rasa nasionalisme di 3T,” ucap Brigjen TNI (Mar) Feryanto Marpaung.  

Ia mengatakan salah satu tugas pokok TNI AL adalah pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan juga meningkatkan potensi maritim dari aspek ekonomi.  

Dengan adanya uang baru ini, diharapkan perputaran ekonomi masyarakat di 3T bisa meningkat. “Kita harap kesejahteraan masyarakat disana bisa lebih maju dengan adanya uang baru ini,” ucapnya.

Di tempat yang sama Asisten III Setda Provinsi Papua, Derek Hegemur menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia dan TNI AL yang telah menjangkau peredaran uang rupiah di 3T Papua. 

“Kami menyambut baik kegiatan kas keliling ini dalam memudahkan masyarakat di pulau 3T untuk mendapatkan uang layak edar dan layak dipergunakan,” ujarnya. 

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 diharapkan menjadi angin segar bagi masyarakat di enam lokasi wilayah 3T yang akan membawa manfaat bagi masyarakat dalam bertransaksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya