BI Diperkirakan Tahan Suku Bunga, Rupiah Berpotensi Ditekan Dolar AS

Ilustrasi gaji dalam rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Kamis pagi 23 Juni 2022. Terpantau pukul 09.08 WIB, Rupiah menguat sebesar 25 poin atau 0,16 persen ke posisi Rp14.837 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.862 per dolar AS.

Rupiah Terpuruk ke Rp 16.265 per Dolar AS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.860 per dolar AS.

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih akan tertekan hari ini, menjelang pengumuman keputusan moneter Bank Indonesia (BI).

Rupiah Kembali Anjlok ke Level Rp 16.234 per Dolar AS

“Banyak analis memperkirakan BI akan bertahan di suku bunga acuan yang lama. Karena melihat kondisi inflasi Indonesia yang terkendali dan Indonesia sedang dalam kondisi pemulihan ekonomi,” kata Ariston kepada VIVA, Kamis 23 Juni 2022.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa
Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Meski begitu, Ariston melanjutkan, banyak juga yang khawatir jika perbedaan suku bunga acuan BI dan the Fed yang tidak jauh akan memicu pelemahan nilai tukar rupiah lebih dalam lagi terhadap dolar AS.

“Jerome Powell, Gubernur Bank Sentral AS dalam pernyataannya di hadapan Senat AS berkomitmen akan menurunkan inflasi AS yang sangat tinggi. Dengan melakukan pengetatan moneter yang agresif,” jelasnya.

Selain itu, Ariston mejelaskan, isu resesi yang mengemuka akan memicu penekanan nilai tukar rupiah. Karena dengan semakin banyaknya Bank Sentral Dunia yang menaikkan suku bunga acuan, dikhawatirkan akan melambatkan pertumbuhan ekonomi karena penurunan permintaan.

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini ada di kisaran Rp14.880. Sedangkan potensi support di kisaran Rp14.820-Rp14.800.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya