Minyak Goreng Curah Dijual Rp14 Ribu per Liter di Pasar, Benarkah?

Minyak Goreng Curah yang dijual Pedagang Pasar.
Minyak Goreng Curah yang dijual Pedagang Pasar.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memastikan, saat ini masyarakat sudah dapat dengan mudah menemukan minyak goreng curah di pasaran, dengan harga Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram (kg).

Guna membuktikannya, VIVA pun menyambangi Pasar Kramat Jati di Jakarta Timur, dan menemui salah seorang pedagang bernama Hendrik guna menginformasi hal tersebut.

"Saya jual minyak goreng curah per liter Rp13.500, dikemas pakai botol. Kalau ambil lusinan Rp13.200. Karena (saya beli) harga dari sananya Rp12.600 per liter," kata Hendrik saat ditemui VIVA, Sabtu 25 Juni 2022.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 25 Juni 2022: Antam Tercatat Stagnan

Hendrik mengaku menjual minyak goreng curah dengan selisih harga Rp500 lebih murah, dibandingkan harga pasaran Rp14.000 per liter. Sebab, para pembelinya rata-rata adalah para pedagang juga. Menurutnya, saat ini stok minyak goreng curah sudah mulai mudah didapatkan, dan sudah tidak langka lagi seperti sebelumnya.

"Dapatnya sekarang sudah lebih gampang dan tidak dijatah lagi seperti sebelumnya. Kalau dulu (syarat belinya) pakai KTP, sekarang tidak usah. Mau beli berapa banyak saja dikasih," ujarnya.

Bahkan, saat ini Hendrik mengaku sudah memiliki beberapa agen distributor, yang siap menyediakan stok minyak goreng curah untuk kebutuhan tokonya. "Saya punya beberapa agen, yang satu ada di pasar ini (Kramat Jati), terus satu lagi di Indomarco, sama di Rajawali (Nasional Indonesia/RNI)," kata Hendrik.