Kemenhub Proyeksikan Manggarai Jadi Stasiun Sentral Terbesar di RI

Stasiun Manggarai
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksikan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral pertama dan terbesar di Indonesia. Stasiun ini akan menjadi episentrum baru dari pergerakan masyarakat di kawasan aglomerasi Jabodetabek.

Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang Bakal Diuji Coba di IKN Juli Tahun Ini

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri menegaskan, terdapat kebutuhan yang mendesak dan perlu segera dituntaskan oleh pihaknya melalui pengembangan Stasiun Manggarai tersebut. 

"Kondisi Stasiun Manggarai sebelum dikembangkan relatif sangat terbatas untuk melayani perjalanan kereta api (KA), dan lonjakan jumlah penumpang yang cukup signifikan setiap tahunnya," kata Zulfikri dalam keterangannya, Kamis 7 Juli 2022.

Viral Adu Jotos di Stasiun Manggarai, Polisi: Keributan Suporter Persija Vs Persib

Stasiun Manggarai

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menambahkan, dengan hanya delapan jalur untuk KRL dan dua jalur untuk KA antarkota, Stasiun Manggarai harus menanggung beban 726 perjalanan KA dengan total 1,2 juta penumpang setiap harinya.

Kemenhub Gandeng PT BKI Rawat Kapal Negara Kenavigasian

"Sehingga menyebabkan penumpukan dan antrean kereta untuk masuk ke Stasiun Manggarai," ujarnya.

Zulfikri optimis, melalui pembangunan Stasiun Manggarai ini, permasalahan dalam layanan kereta api komuter di kawasan aglomerasi Jabodetabek perlahan dapat diatasi.

Sebab, nantinya Stasiun Manggarai akan memiliki 18 jalur aktif untuk melayani KRL, KA Jarak Jauh, dan KA Bandara. Stasiun ini juga akan dilengkapi dengan area concourse yang luas untuk mendukung mobilitas penumpang.

Namun, Zulfikri menyadari akan ada ketidaknyamanan yang muncul selama proses pembangunan berlangsung. Terlebih, masih akan ada beberapa tahapan lagi yang perlu dilakukan, sebelum akhirnya Stasiun Manggarai dapat selesai dibangun menjadi stasiun sentral.

"Setelah switch over (SO) 5, masih akan ada SO 6 yang direncanakan akan dilaksanakan pada Oktober 2023, hingga SO 8 yang direncanakan akan dilaksanakan pada Juli 2025 sebelum Stasiun Manggarai dioperasikan sepenuhnya sebagai stasiun sentral," kata Zulfikri.

"Oleh sebab itu, kami berharap masyarakat dapat memahami pembangunan yang sedang berlangsung, dan bersabar atas kondisi yang dialami untuk menyambut Stasiun Manggarai yang lebih megah dan nyaman," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya