Side Event G20 Hari Ini Bahas Mata Uang Digital Bank Sentral & Kripto

Ilustrasi representasi mata uang kripto
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/Ilustrasi

VIVA Bisnis – Side Event G20 hari ini, Selasa, 12 Juli 2022 akan membahas topik di lingkup teknologi keuangan. Salah satunya adalah tentang mata uang digital bank sentral dan kripto

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

Side event ini masih dalam rangkaian pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara anggota G20 atau 3rd Finance Ministers and Central Banks Governors (FMCBG) Meeting G20 dan 3rd Finance and Central Banks Deputies (FCBD) Meeting

"Kita akan bicara masalah kripto dan central bank digital currency," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Bali.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Photo :
  • BI

Side event diketahui ini bertajuk Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI). Setelah pembahasan mata uang digital, keesokan harinya akan dibahas juga tentang bagaimana memajukan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

"Kita juga akan bicara masalah kerja sama cross border payment tidak hanya secara global tapi juga Asean 5, inilah digital," katanya. 

FEKDI 2022 disebut akan digelar setiap hari sejak tanggal 11 Juli sampai tanggal 15 Juli 2022 secara hybrid. Pembahasnya terdiri dari otoritas, pelaku industri, akademisi dan lembaga internasional.

Topik bahasan FEKDI 2022 meliputi:

1. Sinergi dan kolaborasi ekonomi keuangan digital,
2. Mata uang digital, 
3. Ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,
4. Pembayaran lintas negara (cross border payment) dan pembiayaan hijau (green financing),
5. strategi kebijakan dalam mendorong digitalisasi untuk pemulihan ekonomi.

FEKDI 2022 juga menyuguhkan showcasing yang menampilkan berbagai produk dan inovasi, implementasi kebijakan serta pencapaian dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya