Amerika Resesi, Rupiah Pagi Ini Kembali Perkasa Lawan Dolar AS

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi 29 Juli 2022. Terpantau pukul 09.15 WIB, Rupiah menguat sebesar 55 poin atau 0,29 persen ke posisi Rp14.866 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.921 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.958 per dolar AS.

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari akan menguat.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Rupiah mungkin bisa menguat lagi hari ini setelah semalam data PDB (produk domestik bruto) AS kuartal II menunjukan hasil negatif," ujar Ariston kepada VIVA, Jumat 29 Juli 2022.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Secara Teknikal, AS Sudah Masuk Resesi

Ariston mengatakan, dengan hasil negatif tersebut, secara teknikal AS sudah masuk resesi. Hal itu karena selama dua kuartal beruntun PDB AS negatif.

"Perlambatan pertumbuhan ekonomi AS munculkan ekspektasi bahwa Bank Sentral AS tidak akan agresif lagi menaikan suku bunga acuannya. Dan ini membantu mendorong pelemahan dolar AS," jelasnya.

Adapun untuk hari ini potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS ada di kisaran Rp14.860. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp14.950.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya