Dukungan BUMN Ini Buat Bisnis UMK Kaum Milenial Melesat

Pemilik UMKM Galery Sekar Jawi, Septi Setiani.
Pemilik UMKM Galery Sekar Jawi, Septi Setiani.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Usai pasang surut diterpa Pandemi COVID-19 bisnis sektor Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Tanah Air kembali pulih. Bahkan, salah satu UMK yang diawaki generasi milenial dan  mendapatkan bantuan dari salah satu BUMN kembali catatkan omset sebesar Rp70-80 juta per bulannya.

Dia adalah Pemilik Galery Sekar Jawi, Septi Setiani yang telah sukses mempertahankan bisnisnya selama pandemi. Selain faktor keteguhan niat dalam berusaha, kesuksesan tersebut ditopang oleh kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah serta BUMN.

“Dinas terkait atau pemerintah termasuk BUMN seperti Pertamina pasti support untuk memajukan UMK. Jadi, mari kita bersinergi,” jelas Septi di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bareskrim ke Kamaruddin, AKBP Ditahan hingga Bharada E Ganti Pengacara

Adapun Septi telah mengelola Galery Sekar Jawi selama tiga tahun dan memproduksi berbagai minuman tradisional dan kosmetik dari bahan herbal.  Sekar Jawi sendiri ada filosofinya. Sekar diambil dari Bahasa Jawa yang artinya lokal, sementara Jawi merujuk sebutan untuk Tanah Jawa.

“Harapannya dari nama Sekar Jawi itu bisa menjadi brand lokal yang bisa mengangkat produk asli Jawa,“ katanya.

Bisnis tersebut dirintis Septi saat kuliah di Diploma II Jamu (D-II Jamu), Universitas Gadjah Mada (UGM). Di sana, dia mendapatkan ilmu tentang berbagai jenis jamu hingga cara memproduksinya.

“Dari awal saya ingin punya produk yang sesuai dengan keilmuan. Selain itu, saya juga ingin melestarikan budaya karena jamu itu merupakan warisan budaya nenek moyang yang intangible yang saat ini sedang didaftarkan di UNESCO," tuturnya.