Harga BBM Melambung Tinggi, Tarif Sewa Jip Wisata Merapi Naik

Wisata Gunung Merapi
Wisata Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) langsung berimbas pada sejumlah sektor. Salah satunya adalah di bidang pariwisata. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dampak kenaikan harga BBM di sektor pariwisata dirasakan oleh para pemilik jip wisata di kawasan lereng Gunung Merapi yang kemudian berimbas pada harga tarif sewa jip.

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Dardiri mengatakan, pihaknya menaikkan tarif sewa jip sebesar Rp 50 ribu per paketnya. Kenaikan tarif ini mulai diberlakukan sejak Minggu 4 September 2022 lalu.

Wisatawan mengabadikan Gunung Merapi dari kawasan wisata Bungker Kaliadem

Wisatawan mengabadikan Gunung Merapi dari kawasan wisata Bungker Kaliadem

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

"Tarifnya masing-masing paket naik Rp 50 ribu. Ini mengikuti kenaikan harga BBM yang membuat harga-harga barang pokok lain juga mengalami kenaikan harga," tutur Dardiri.

"Mayoritas jip wisata di lereng Merapi ini 75 persen memakai bensin dan 25 persen lainnya menggunakan solar. Kalau tidak kami naikkan akan berat bagi kami. Adanya kenaikan harga BBM ini pasti memengaruhi kenaikan harga di sektor-sektor lainnya," sambungnya.

Dardiri menjelaskan bahwa dalam satu paket wisata usai mengalami kenaikan tarif saat ini berkisar menjadi Rp 350 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung rute yang diambil wisatawan.

Wisata Gunung Merapi

Wisata Gunung Merapi

Photo :
  • ANTARA/ Teresia May
Halaman Selanjutnya
img_title