Ratu Elizabeth II Meninggal, Uang hingga Perangko Bakal Ganti?

Uang Poundsterling.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Ketika Raja George VI meninggal dunia dalam tidurnya di Sandringham pada 6 Februari 1952 dini hari, putri sulungnya, Elizabeth saat itu sedang mengunjungi Kenya bersama suaminya. Putrinya tersebut kemudian segera menjadi Ratu Elizabeth II.

Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

Profesor Hukum Konstitusional di King's College London, Robert Blackburn mengatakan proses yang sama kemudian saat ini akan terjadi di mana usai kematian Ratu Elizabeth, akan ada pengambilan takhta oleh Raja Charles III.

Namun, upaya pengambilan tahta tersebut tak mudah dilakukan, karena Ratu Elizabeth dalam memimpin Inggris yang cukup lama, sehingga citra dan ikongrafi dalam tatanan kehidupan nasional Inggris dan persemakmuran cukup besar serta memakan waktu lama untuk diubah.

Direktorat Kementan Kumpulkan Rp 1 Miliar Biayai SYL Kunker ke Arab Saudi Sekalian Umrah

Dikutip dari The Guardian, Jumat 9 September 2022, dijelaskan ada beberapa hal yang perlu diubah sepeninggal Ratu Elizabeth II yaitu:

1. Uang kertas dan koin

Terkuak! SYL Kurban 12 Ekor Sapi, Pakai Duit Kementan Rp360 Juta

Uang Poundsterling.

Photo :
  • istimewa

Ada 4,5 miliar uang kertas poundsterling yang beredar dengan wajah Ratu atau bernilai gabungan £80 miliar. Sehingga menggantinya dengan menampilkan kepala raja baru kemungkinan akan memakan waktu setidaknya dua tahun. Seperti ketika uang kertas sintetis £50 terbaru dikeluarkan, proses penarikan dan penggantian memakan waktu 16 bulan bagi Bank of England.

Lalu, ketika Ratu naik takhta pada 1952, raja tidak ditampilkan di uang kertas. Itu berubah pada 1960 ketika wajah Elizabeth II mulai muncul pada uang kertas £1 dalam gambar yang dibuat oleh perancang uang kertas Robert Austin, yang dikritik beberapa orang sebagai gambar yang buruk. Sehingga kedepan, gambar raja baru akan disetujui oleh Istana Buckingham.

Tak hanya di poundsterling, Kepala Ratu juga terdapat pada uang kertas 20 dolar Kanada, pada koin di Selandia Baru, dan pada semua koin dan uang kertas yang dikeluarkan oleh bank sentral Karibia Timur, serta bagian lain dari Persemakmuran.

2. Kotak pos dan perangko

Perangko 60 Tahun tahta Ratu Elizabeth II

Photo :
  • http://www.footluxe.com

Kotak pos Royal Mail yang memuat sandi kerajaan Ratu Elizabeth, ER, kemungkinan besar tidak akan dihapus. Sebab, sebelumnya beberapa kotak dengan sandi GR Raja George VI tetap digunakan sampai sekarang atau 70 tahun kemudian.

Dengan demikian, kantor Pos diperkirakan hanya akan mengubah prangko, dengan gambar profil raja baru yang digunakan.

3. Bendera

Inggris kibarkan bendera setengah tiang hormati meninggalnya Ratu Elizabeth II

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Untuk bendera yang masih berkibar di luar kantor polisi di seluruh Inggris hingga kapal angkatan laut masih dihiasi dengan EIIR dan itu perlu diganti. Sebab resimen militer masih mengibarkan "warna Ratu" di antaranya bertatahkan EIIR bersulam emas

Ada kemungkinan bahwa standar bendera kerajaan segi empat akan berkibar di mana pun raja berada bisa berubah. Versi yang digunakan oleh Ratu mencakup seperempat mewakili Skotlandia (singa merajalela), satu untuk Irlandia (harpa), dan dua mewakili Inggris (tiga singa lewat), tetapi tidak untuk Wales.

Ini telah digunakan sejak lama sebelum Wales memiliki bendera nasionalnya sendiri, yang diakui pada tahun 1959. Raja berikutnya dapat memasukkan elemen Welsh.

4. lagu kebangsaan

Ratu Kerajaan Inggris Elizabeth II

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Salah satu perubahan yang paling cepat dilakukan secara teori  adalah mengganti kata-kata dari lagu kebangsaan dari God save our Grace Queen menjadi God save our Grace King meskipun perlu waktu sebelum banyak orang menyanyikan versi baru dengan percaya diri.

Lagu kebangsaan tersebut telah digunakan sejak 1745 ketika versi awal berbunyi: Tuhan selamatkan George yang agung, raja kita, Hidup raja kita yang mulia, Tuhan selamatkan raja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya