Sandiaga Uno Sebut Pendapatan Belanja Fashion RI Surplus US$2,71 Miliar

Jakarta Muslim Fashion Week 2022.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Bisnis – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebutkan, industri fashion di Indonesia mempunyai perkembangan yang sangat baik. Bahkan, pada 2021, pendapatan belanja fashion Indonesia mengalami surplus hingga US$2,71 miliar.

Pelayaran Internasional Pelabuhan Kuala Tanjung Kembali Dibuka, Unilever Perdana Ekspor

"Soal fashion (busana) di tahun 2021 kita surplus US$2,71 miliar, dengan tujuan Amerika, hingga Korea Selatan. Dengan hal ini tentu menunjukkan perkembangan baik dalam bisnis apparel," katanya saat menghadiri Jakarta Muslim Fashion Week 2022 di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Jumat, 21 Oktober 2022.

Terlebih soal perkembangan fashion atau busana muslim, yang mana Sandi menyebutkan, bila Indonesia berada di peringkat ke-13 dengan kategori muslim ekspor.

Pemkot Gelar Nobar Laga Indonesia vs Irak di Depan Balai Kota Solo, Gibran Ikut?

Baca juga: Produksi Akhir Oktober, PGN Grup dan HCML Teken Kesepakatan Lapangan 3M

"Kita ada di peringkat ke-13 soal busana muslim dan dengan kondisi yang ada, tentu sesuai harapan pak Presiden dan Wakil Presiden, kita (Indonesia) bisa jadi pusat muslim dengan pengembangan ekosistem bisnisnya," ujarnya.

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Sementara itu, designer busana muslim, Monika Jufry sangat mendukung adanya harapan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat busana muslim.

Miss Grand Internasional JMFW 2023

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

"Tentu sangat mendukung, dan tentu kita harus optimis untuk mencapai tujuan itu. Namun di sini, kita sebagai designer tentunya juga mengharapkan adanya dukungan atau kontribusi pemerintah yang lebih, dalam menciptakan ekosistem busana muslim. Karena, untuk mencapai tujuan itu, kita harus mendapatkan pengakuan dari negara-negara lain, bukan mengklaim sendiri," ungkapnya.

Dalam gelaran JMFW 2023 hari ini, dibuka dengan parade atau fashion show dari 8 designer. Sebagai kejutan pun, busana yang diciptakan dari para pengrajin itu, dibawakan langsung oleh para finalis Miss Grand International.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya