Transaksi Solo Great Sale 2022 Lapaui Target, Gibran Bidik Naik Jadi Rp 5 Triliun Tahun Depan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Kanan)
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA Bisnis – Solo Great Sale (SGS) 2022 telah ditutup secara resmi pada Minggu, 30 Oktober 2022. Jumlah transaksi selama penyelenggaraan event tersebut berhasil melampaui target dari Rp 2 triliun tembus menjadi Rp2,9 triliun. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Dengan keberhasilan itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka pada SGS tahun depan memasang target transaksi mencapai Rp 5 triliun.

Penutupan SGS 2022 secara diselenggarakan di Plaza Timur Pasar Klewer, Solo. Prosesi penutupan itu ditandai dengan transaksi belanja terakhir yang dilakukan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Presiden Jokowi itu membeli batik dan menjadi transaksi penutup dalam event belanja tahunan yang digelar di Kota Solo.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Usai melakukan transaksi belanja, SGS 2022 pun resmi ditutup. Gibran pun mengumumkan bahwa total transaksi program belanja yang dimulai pada September kemarin hingga penutupan telah mencapai Rp2.904.795.159.031. Setelah itu penutupan event promosi belanja itu ditandai dengan pelepasan burung merpati.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

“Tahun depan mungkin (target) bisa Rp5 triliun,” kata Gibran saat menutup event belanja tahunan di Kota Solo itu, dikutip Senin, 31 Oktober 2022.

Ia pun mengaku sangat bersyukur atas keberhasilan transaksi belanja SGS 2022 yang berhasil melampui target. Sebab, program belanja tersebut digelar pada masa pandemi sehingga dengan capaian itu menunjukkan sinyal positig bagi kebangkitan ekonomi di Kota Solo.

Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

“Transaksi mencapai Rp2,9 triliun sangat bagus sekali , terutama pada masa pandemi seperti ini. Tahun depan kita tingkatkan lagi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Solo, Gareng S Haryanto mengaku awalnya sempat pesimistis dengan target belanja mencapai Rp 2 triliun. Karena, kondisi ekonomi saat ini belum benar-benar pulih dari pandemi COVID-19.

“Kemarin itu targetnya Rp 2 triliun, saya agak berat. Dengan semangat dan kompak nilai transaksi SGS 2022 yang diperolehmencapai Rp 2,9 triliun,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya