Sri Mulyani Ingatkan Dampak Perubahan Iklim Lebih Lama Dibanding COVID-19

Menkeu Sri Mulyani.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, dampak dari perubahan iklim terhadap sosial ekonomi jauh lebih besar. Bila dibandingkan dengan dampak pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa waktu lalu.

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Ani begitu sapaan akrabnya mengatakan, perubahan iklim merupakan ancaman global yang nyata. Dengan itu, dia meminta agar percepatan transisi menuju ekonomi hijau untuk segera dilakukan.

"Perubahan iklim adalah ancaman global yang nyata dengan dampak sosial ekonomi yang jauh lebih signifikan dan tahan lama, dibandingkan dengan pandemi COVID-19. Dan yang akan semakin intensif, jika kita tidak mengambil tindakan tegas," kata Ani dalam Grand Launching Indonesia Energy Transition Mechanism Country Platform, Senin, 14 November 2022.

Ekonomi RI Kuartal I Tumbuh 5,11 Persen, Aprindo: Cukup Kondusif bagi Peritel 

Ani menuturkan, percepatan transisi energi itu dilakukan sebagai upaya bersama melindungi dunia utamanya masyarakat Indonesia dari dampak bencana perubahan iklim.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.
Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

"Pandemi COVID-19 telah memberi kita pelajaran berharga bahwa kita juga perlu menganggap serius agenda iklim. Jadi kami belajar dari pengalaman ini bahwa ekonomi global juga akan lebih baik jika kita semua bekerja sama dalam sebuah kolaborasi," jelasnya.

Adapun kata Ani, dari bencana alam akibat perubahan iklim saat ini semakin sering terjadi dan tidak dapat diprediksi. Hal itu diperkirakan akan memakan biaya, bukan hanya dari sisi pencarian. Namun juga dari sudut pandang ekonomi.

"Dampak parah pandemi COVID-19 serta perubahan iklim pasti akan menghambat banyak ruang fiskal kita. Jadi bagi kita semua untuk dapat mewujudkan komitmen yang kredibel," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya