China Jadi Sponsor Terbesar Piala Dunia Qatar 2022, Geser Dominasi AS

- AP Photo/Martin Meissner
VIVA Bisnis – Perusahaan asal China mendominasi sponsor acara di perhelatan turnamen Piala Dunia Qatar 2022 yang berakhir Minggu 18 Desember lalu. Sejumlah perusahaan asal negeri Tirai Bambu menjadi bagian dari turnamen dunia itu dan mencatatkan nilai kontrak sponsor mencapai 1,4 miliar dolar AS (Rp21,8 triliun).
Dilansir Jiangxi Business News mengutip GlobalData, Rabu 21 Desember 2022, sejumlah perusahaan asal China yang terlibat sebagai sponsor Piala Dunia Qatar, FIFA termasuk timnas negara antara lain, Wanda, Vivo, Mengniu, Hisense, Yili, Panpan Food, Cotti Coffee, Macro, NetEase, GMMC, Wanda Sports, dan Lingxi Games
Wanda bahkan menjadi salah satu dari tujuh mitra resmi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Sementara Vivo, Mengniu, dan Hisense juga turut mensponsori turnamen sepak bola FIFA tersebut.
Penutupan Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Lusail Qatar, Minggu, 18 Desember
- AP Photo/Hassan Ammar
Tak hanya menyasar FIFA maupun turnamen Piala Dunia, perusahaan China menjadi sponsor atau mitra timnas dan para pemain Argentina, juara dunia Piala Dunia Qatar 2022. Diantaranya Yili, Panpan Food, Cotti Coffee, Macro, NetEase, GMMC, Wanda Sports, dan Lingxi Games.
Sementara sponsor terbesar kedua berasal dari perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat dengan nilai 1,1 miliar dolar AS (Rp17,1 triliun).
Asosiasi Sepak Bola Argentina sebagaimana laporan Southern Metropolis menyebutkan bahwa perusahaan-perusahaan China memberikan kontribusi antara 10 hingga 15 persen dari total sponsor global yang menandatangani kesepakatan dengan mereka November lalu.