Pembengkakan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Lebih Besar dari Hitungan China, RI Sepakat

Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Sumber :
  • AP Photo/Dita Alangkara

VIVA Bisnis – Pembengkakan anggaran (cost overrun) yang terjadi pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), telah disepakati untuk ditutupi sebesar US$1,2 miliar atau sekitar Rp 18 triliun (asumsi kurs Rp 15.000 per dolar Amerika Serikat).

Holding PTPN Gelontorkan Bantuan Buat Korban Banjir Bandang Luwu

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, nilai itu lebih rendah dari hitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), yang mengalkulasi bahwa pembengkakan biaya proyek KCJB adalah sebesar US$1,49 miliar atau Rp 22,3 triliun.

Sementara, perhitungan pihak China yakni bahwa cost overrun-nya membengkak hingga sebesar US$980 juta atau sekitar Rp 14,7 triliun.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

"Kesepakatan dengan China (soal cost overrun kereta cepat) angkanya itu US$1,2 miliar," kata Kartika di Komisi VI DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 13 Februari 2023.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 5 Miliar pada Kuartal I-2024, Intip Sumer Cuannya

Dia menambahkan, saat ini pihak Kementerian BUMN juga masih membenahi perhitungan tersebut, terutama soal kajian pajak, biaya clearing frekuensi, dan sejumlah hal lainnya.

Hal itu dilakukan sambil meminta restu kepada Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan BPKP, untuk menetapkan nilai bengkak yang disetujui dengan pihak China.

Kereta cepat hasil rancang bangun CRRC Qingdao Sifang Co Ltd (Foto/ANTARA/HO-CRRC)

Photo :
  • vstory

"Semua sudah sepakat angkanya. Kita akan maju lagi ke BPKP untuk sesuaikan angkanya dan juga Komite, kita akan ketok angkanya seminggu ke depan," ujar Kartika.

Dia memastikan, walaupun pembahasan mengenai pembengkakan anggaran kereta cepat inj sempat berjalan alot dalam beberapa waktu terakhir, namun progres pembangunannya di lapangan sama sekali tidak mengalami gangguan. 

"Progres di lapangan terus berjalan, termasuk pemasangan trek dan lain sebagainya, itu masih berjalan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya