Konversi 50 Ribu Motor Listrik Ditargetkan Pemerintah pada 2023, Begini Strateginya

Ilustrasi sepeda motor yang dikonversi jadi kendaraan listrik
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Pemerintah berencana memberikan insentif kendaraan listrik pada Maret 2023. Untuk itu, Pemerintah menargetkan konversi motor listrik dari menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke listrik sebanyak 50 ribu unit pada 2023.

TNI AL Gagalkan Penyeludupan Kendaraan Bermotor di Pelabuhan Fakfak

Hal itu disampaikan oleh Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Arifin Tasrif usai melakukan rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Tahun ini konversi minimum 50 ribu unit. Tapi kita mau coba membina bengkel kerja sama Pak Menteri Perhubungan, untuk bisa mengembangkan bengkel dan sertifikat layak," kata Arifin di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Senin, 20 Februari 2023.

Pemerintah Siapkan 3 Pelabuhan dari Jawa ke Sumatera Periode Mudik Lebaran 2024, Intip Jadwalnya

PT Astra Honda Motor Pamer Tiga Model Listrik di IMOS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Arifin mengatakan, untuk kendaraan yang mendapat insentif dari Pemerintah, yaitu kendaraan harus diproduksi di dalam negeri.

Jembatan Penghubung di Tangerang Retak, Truk Bertonase 8 Ton Dilarang Melintas

"Harus produksi dalam negeri, yang diproriatisakan di dalam negeri," jelasnya.

Sebelumnya, Arifin mengatakan Pemerintah akan memberikan insentif kendaraan listrik pada Maret 2023 untuk konversi kendaraan motor konvensional, motor baru, dan kendaraan roda empat.

"Mengenai implementasi untuk kendaraan listrik rencananya Maret sudah jalan nih. Sepeda motor konversi dan motor baru juga ada, juga kendaraan roda empat juga ada," kata Arifin.

Arifin mengatakan, untuk insentif yang diberikan terhadap kendaraan roda empat bukan dalam bentuk uang. Dalam hal ini diketahui sebelumnya, insentif kendaraan roda empat akan diberikan Pemerintah dalam bentuk potongan pajak.

Ilustrasi pabrik baterai mobil listrik.

Photo :
  • Electrek

"Bukan uang kalau kendaraan roda empat. Tapi kalau yang motor adalah insentif membantu masyarakat untuk bisa memiliki sepeda motor listrik baik konversi maupun yang baru dengan biaya yang lebih murah," jelasnya.

Arifin melanjutkan, untuk insentif kendaraan listrik pada sepeda motor akan diberikan sebesar Rp 7 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya