Lindungi Ciliwung, Begini Cara BRINS Dukung Pemberdayaan Budaya dan Lingkungan

Gerakan Lindungi Ciliwung yang dilaksanakan BRINS.
Sumber :
  • Dok. BRINS

VIVA Bisnis – PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS) melakukan aksi sebagai wujud komitmen dalam tangggung jawab sosial dan lingkungan dengan tema BRINS Green Action #LindungiCiliwung. Kegiatan ini dilakukan di Padepokan Ciliwung Condet, Jakarta Timur.

Yovie & Nuno sampai Parade Budaya Siap Meriahkan HUT ke 44 Dekranas

Hadir dalam kesempatan ini, Direktur Teknik BRINS Ade Zulfikar, Direktur Operasional BRINS Sony Harsono, dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRINS Heri Supriyadi pada hari Kamis, 2 Maret 2023.

Direktur Teknik BRINS Ade Zulfikar mengatakan, kepedulian BRINS terkait isu-isu lingkungan tentunya masuk ke dalam value perusahaan yaitu ESG (Environmental, social, and governance) yang pada prinsipnya sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Raup Laba Bersih Rp483 Miliar pada 2023, BRI Insurance Bagikan Dividen Rp 118 Miliar

"Kegiatan yang kami lakukan hari ini merupakan salah satu cara BRINS dalam mendorong value perusahaan untuk turut hadir dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan prinsip People, Planet, & Prosperity,” ujarnya, Kamis, 2 Maret 2023.

Pada program kali ini BRINS memfokuskan program pada kepedulian lingkungan serta budaya dalam rangka pemberdayaan Masyarakat setempat. Dalam scope lingkungan, BRINS memberikan beberapa bantuan seperti perahu karet yang dapat digunakan para relawan Padepokan Ciliwung Condet dalam melakukan aksi bersih-bersih di area bantaran dan sekaligus memonitor debit air sungai sekitar. 

Ini pentingnya Energi Hijau dan Lingkungan Terlindungi untuk Masa Depan

Gerakan Lindungi Ciliwung yang dilaksanakan BRINS.

Photo :
  • Dok. BRINS

Selain itu, juga dilakukan penanaman bibit pohon loa dan pohon melinjo yang diharapkan bertumbuh untuk dapat menjaga lingkungan dengan menahan terjadinya abrasi di tepi sungai dan untuk melinjo ke depannya bisa dimanfaatkan hasil panennya untuk produksi emping yang dikelola oleh pengurus padepokan dengan harapan mampu membantu meningkatkan nilai ekonomi Masyarakat setempat.

Pembuatan Batik Corak Betawi

Relawan Padepokan Ciliwung Condet memiliki keterampilan budaya salah satunya dalam pembuatan batik cap dengan corak khas Betawi. Kepedulian terhadap pelestarian budaya mendorong BRINS memberikan bantuan berupa alat Batik Cap dan pembuatan Kolam Batik sebagai media pewarnaan batik kepada para pengrajin batik di Padepokan Ciliwung Condet.

Bantuan CSR juga diberikan kepada seluruh relawan Padepokan Ciliwung Condet berupa paket sembako sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian dan kerja keras dalam menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Ade mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen perusahaan tentang bagaimana BRINS menyelamatkan lingkungan. Tambahnya, kegiatan kepedulian lingkungan seperti ini telah menjadi kegiatan regular perusahaan karena telah dilakukan BRINS selama beberapa tahun terakhir seperti kegiatan penanaman Mangrove yang dilakukan di beberapa Kota.

Kegiatan yang dilakukan BRINS mendapat tanggapan positif dari masyarakat sekitar Padepokan Ciliwung Condet dan beberapa pihak lain yang turut hadir pada acara tersebut. Di antaranya seperti A. A. Ngurah Wishnu F. F. selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Berkah Shadaya selaku Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Timur, Dirja Kusuma selaku Kepala Bidang Kehutanan, dan Ahmad Maulana selaku Pihak Padepokan Ciliwung Condet.

Dalam kesempatan ini, Wishnu selalu Kepala Sub Baguan Tata Usaha Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memberikan apresiasi penuh kepada BRINS yang telah memberikan support-nya dengan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan padepokan Ciliwung Condet.

Wishnu berharap kegiatan yang juga bagian dari CSR ini akan memberikan manfaat dan dampak positif yang besar untuk masyarakat khususnya sekitar Padepokan Ciliwung Condet.

Ke depannya, BRINS berharap kegiatan seperti ini akan memberikan dampak positif dan menambah daya tarik masyarakat dalam pemberdayaan lingkungan dan budaya. Dengan semangat The Most Trusted Partner For Reliable Protection Solutions, BRINS siap menjadi mitra dalam berkolaraborasi kepada berbagai pihak  baik meliputi aspek bisnis maupun non bisnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya