Tiket Mudik Gratis Bisa Diperjualbelikan? Kemenhub Buka Suara

Mudik gratis BUMN.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA Bisnis – Kementerian Perhubungan menanggapi soal adanya potensi jual-beli tiket mudik gratis, yang didapat dari program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto mengatakan, meskipun kemungkinan itu memang ada, tapi potensinya sangat kecil karena program ini juga terbuka bagi masyarakat secara luas.

"Kemungkinan (tiket mudik gratis diperjualbelikan) memang ada, tapi kecil. Paling itu (praktik jual-beli tiket mudik gratis) bisa dilakukan ke tetangga atau ke saudaranya," kata Suharto dalam media briefing di kantor Kemenhub, Jumat, 24 Maret 2023.

Kemenhub Gandeng PT BKI Rawat Kapal Negara Kenavigasian

Dia memastikan, adanya potensi jual-beli tiket mudik gratis itu sebenarnya sudah diantisipasi oleh Pemerintah. Karenanya, dalam pendaftaran dan pengelolaan data para pendaftar program mudik gratis ini, akan menggunakan NIK guna memperkecil kemungkinan tersebut.

mudik gratis motor.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.
Kritik Pemprov DKI Soal Penonaktifan NIK, Ahok: Jangan Merepotkan Orang

Selain itu, lanjut Suharto, jumlah penerima tiket mudik gratis juga dibatasi per NIK, di mana setiap orang hanya boleh mendaftarkan maksimal empat orang saja untuk mengikuti program mudik gratis tersebut.

"Di sinilah yang perlu diantisipasi jual beli mudik gratis, kita sudah pakai NIK dan batasi. Setiap orang hanya boleh daftarkan maksimal 4 orang," ujar Suharto.

Karenanya, Dia pun mengimbau kepada peserta mudik gratis, untuk segera melaksanakan verifikasi demi melengkapi proses pendaftaran. Supaya, data peserta yang sudah terdaftar di awal bisa segera dicocokkan oleh sistem yang meng-input data tersebut.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia / Kemenhub RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

"Kami imbau kepada masyarakat untuk melaksanakan verifikasi. Pendaftaran oke, tapi verifikasi sampai H-7. Benar enggak ini datanya sama yang daftar, dengan data yang terdaftar di awal," ujarnya.

Diketahui, Kemenhub menggelontorkan dana Rp 20 miliar untuk program mudik gratis angkutan darat, seperti penyediaan bus dan truk pengangkut motor. Untuk mudik gratis via transportasi laut dana yang disiapkan sekitar Rp 15 miliar. Selain itu, untuk program mudik motor gratis dengan kereta api, dana yang dikucurkan adalah Rp 9,8 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya