Kerahkan 68 Kapal, Pelni Sediakan 48.500 Kursi Layani Mudik Lebaran 2023

Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani berbicara kepada pers tentang rencana angkutan Lebaran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 27 Maret 2023.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni menjadwalkan masa angkutan Lebaran pada 7 April 2023 (H-15) sampai 8 Mei 2023 (H+15).

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani mengatakan, pihaknya juga telah memprediksi bahwa puncak arus mudik (peak season) berada pada 17 April 2023 (H-5), dan peak season di arus balik mudik yakni pada tanggal 29 April 2023 (H+5).

"Jumlah kapal yang akan melayani masyarakat di seluruh perairan Indonesia terdiri dari 68 kapal, di mana 26 kapal adalah kapal penumpang atau kapal besar Pelni, dan 42 merupakan kapal perintis," kata Tri dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 27 Maret 2023.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Ilustrasi kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten.

Photo :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

Dia menjelaskan, dalam one trip dari 68 kapal tersebut, total seat atau kursi yang tersedia adalah 48.500 kursi penumpang. "Di mana untuk kapal penumpang 32.500 kursi dan untuk kapal perintis ada 16.000 kursi," ujarnya.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Tri mengatakan, nantinya kapal penumpang akan menyinggahi 71 pelabuhan, sedangkan kapal perintis akan menyinggahi 273 pelabuhan. Di sisi lain, kapal penumpang juga akan menyinggahi kurang lebih 1.000 ruas, sedangkan kapal perintis menyinggahi kurang lebih 4.000 ruas.

Beberapa persiapan yang telah dilakukan PT Pelni dalam menghadapi musim mudik Lebaran 2023 ini, pertama adalah mempersiapkan armada kapal Pelni khususnya dari aspek keselamatan penumpang. "Di mana dilakukan juga proses ramp check oleh Kementerian Perhubungan dan BKI," kata Tri.

Kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak,

Photo :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

Kemudian, kata Tri, persiapan lainnya yakni di mana PT Pelni juga akan memastikan ketersediaan BBM, melalui koordinasi yang dilakukan dengan BPH Migas dan PT Pertamina.

"Dalam mempersiapkan kesiapan armada, kami juga melakukan docking terhadap 68 kapal yang akan melayani masyarakat di mudik lebaran 2023 ini, dan kami pastikan sebelum memasuki masa peak season seluruh kapal kami telah selesai docking," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya