Pedasnya Cabai Rawit hingga Angkutan Udara Picu Inflasi Maret 0,18 Persen

Pengepul memilah cabai yang akan dikirim di Desa Tugurejo, Kediri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA Bisnis – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi pada Maret 2023 secara tahunan sebesar 4,97 persen secara year on year (yoy). Sedangkan secara bulanan terjadi inflasi sebesar 0,18 persen persen month to month (mtm).

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini mengatakan, secara bulanan juga terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) 114,36 pada Maret 2023 dari Februari 2023 yang sebesar 114,16.

"Secara yoy terjadi inflasi sebesar 4,97 persen dan tahun kalender terjadi inflasi sebesar 0,68 persen," kata Pudji Ismartini dalam konferensi pers Senin, 3 April 2023.

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Pudji mengatakan jika dilihat secara bulan ke bulan. Tercatat inflasi lebih tinggi dari Februari yang sebesar 0,16 persen dari Maret yang 0,18 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.
Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Dia merinci, berdasarkan kelompok pengeluaran penyumbang inflasi terbesar Maret 2023 berasal dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

"Selain itu, terdapat kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi dengan deflasi terdalam pada kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga," jelasnya.

Sedangkan komoditas penyumbang inflasi terbesar secara bulanan di antaranya angkutan udara, bensin, beras, cabai rawit, dan rokok kretek filter.

Cabai dijual di pasar di Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Pudji melanjutkan, untuk komoditas pendorong deflasi secara bulanan ada untuk kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga ada pada tarif minum PAM.

"Secara umum dari 90 kota IHK terdapat 65 kota yang mengalami inflasi. Dari 65 kota tersebut 48 kota di antaranya inflasi berada di atas inflasi nasional dan 17 kota lainya berada di bawah inflasi nasional," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya