SKK Migas Catat 36 Korban Kecelakaan Kerja di 2023, Seluruh KKKS Bakal Diaudit

ilustrasi industri migas.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA Bisnis – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas mencatat, terdapat 36 orang pekerja di industri hulu migas nasional yang mengalami kecelakaan kerja di tahun 2023.

Rukun Raharja Cetak Laba Bersih US$8 Juta di Kuartal I-2024

Deputi Eksploitasi SKK Migas, Wahju Wibowo mengatakan, tingginya angka kecelakaan tersebut mendorong SKK Migas untuk melakukan audit keselamatan kerja kepada seluruh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Dia menegaskan, upaya tersebut merupakan bentuk perhatian dan pengawasan dari SKK Migas, atas penerapan aspek health safety & environment (HSE) di industri migas nasional.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Sosialisasi Penerapan Keselamatan Kerja di Industri Migas

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

"Saya akan lakukan safety audit ke seluruh KKKS, karena kita selama ini percaya bahwa perusahaan minyak sudah melakukan asesmen, tapi sekarang saya lakukan safety audit dari konsultan independent," kata Wahju dalam diskusi bersama media di kantornya, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu, 5 April 2023.

Turun 12,76 Persen, BPS Catat Kinerja Impor Maret US$17,96 Miliar Gegara Ini

Sebanyak 36 orang korban tersebut terdiri dari 6 kecelakaan yang menyebabkan kematian, 6 insiden yang menyebabkan lost workday case (LWDC), 1 kecelakaan yang menyebabkan restricted work case (RWC), 5 kasus yang menyebabkan medical treatment case (MTC), 14 kasus first aid case (FAC), dan 4 kasus illness fatality.

Karenanya, selain melakukan audit, Wahju memastikan bahwa pihaknya juga akan memastikan jika tiap KKKS akan mengalokasikan dana untuk meningkatkan kapasitas para pekerjanya, guna meminimalisir berbagai kecelakaan kerja di sektor hulu migas tersebut. "Jadi nanti juga kita pastikan kalau ada budjet untuk men-training mereka yang kita spending. Ada ratusan dolar di situ untuk HSE," ujar Wahju.

Dia menambahkan, tahun 2023 merupakan tahun untuk menggenjot produksi di industri hulu migas, yang juga didukung oleh masifnya investasi yang mencapai US$ 5,5 miliar. Apalagi, ada juga sejumlah program yang dinilai agresif, salah satunya yakni pengeboran sumur pengembangan yang ditargetkan sebanyak 991 sumur. Target itu diketahui lebih tinggi 30,4 persen, dibandingkan realisasi pengeboran sumur tahun 2022 lalu.

Karenanya, lanjut Wahju, SKK Migas akan memberikan perhatian khusus dan melakukan pengawasan yang ketat, dalam setiap pelaksanaan kegiatan pengeboran.

"Kami menekankan agar semua orang harus mempunyai 'self awareness' yang tinggi terhadap keamanan, dan menjadikan keamanan tidak hanya sebagai prioritas tetapi sebagai nilai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya