Bangun Masjid dan Gereja di Lokasi Terdalam, Freeport Indonesia Cetak Rekor MURI

Freeport Indonesia cetak Rekor MURI Masjid dan Gereja di lokasi terdalam tambang bawah tanah.
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA Bisnis – Ada yang istimewa di ulang tahun PT Freeport Indonesia (PTFI) ke-56. PTFI kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Kali ini, karena telah membangun tempat ibadah berupa Masjid dan Gereja di lokasi terdalam. 

Viral Atap Masjid Universitas Raja Fahd di Arab Saudi Roboh Gegara Hujan Deras

Lokasi itu tepatnya ada di tambang bawah tanah Deep Mill Level Zone (DMLZ), Tembagapura, Papua dengan kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan tanah.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas mengungkapkan rasa syukurnya di Hari Ulang Tahun PTFI ke-56 yang jatuh pada 7 April 2023. Apalagi ini bertepatan dengan Hari Raya Jumat Agung bagi umat Kristiani dan Bulan Suci Ramadhan bagi umat Muslim.

Hong Kong Catat Rekor Suhu Terpanas dalam 140 Tahun Terakhir

"Di mana kita bisa melaksanakan ibadah kita secara terpisah tapi bersama-sama. Ini menunjukkan bahwa kita satu, dan kita satu ini yang menjadikan kita kuat, yang menjadikan kaya. Bukan kaya harta, tapi kaya akan keberagaman," kata Tony dalam sambutannya di dalam tambang bawah tanah terbesar di dunia itu, Jumat, 7 April 2023.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas.

Photo :
  • VIVA/Fikri Halim
Pemerintah Bakal Tambah Saham Freeport Jadi 61 Persen, Bahlil Buka-bukaan Pertimbangannya

Dua tempat ibadah tersebut adalah Masjid Al Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria. Di saat pengunjung dan karyawan Kristiani menjalankan ibadah Jumat Agung di Gereja Oikumene, pengunjung Muslim melaksanakan Salat Ashar dan mendengarkan Tausyiah dari Ustaz menjelang berbuka puasa. 

"Keberagaman kaya yang kita miliki membuat kita menjadi satu unit yang sangat kuat," tegas Tony.

Setelah selesai berbuka puasa, prosesi potong tumpeng dilakukan oleh Presdir PTFI, Tony Wenas yang kemudian langsung diserahkan kepada sejumlah komisaris, petinggi Freeport serta tamu undangan. Turut hadir Rozik Boedioro Soetjipto, Menteri Pekerjaan Umum Periode 1999-2021 yang juga merupakan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia 2012-2015.

"Terima kasih atas semuanya yang telah hadir dan telah mempersiapkan acara ini di tambang bawah tanah terbesar di dunia dari tanah Papua, untuk harumkan Indonesia. Kita satu. Kaya akan keberagaman," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya