Hadiri Pertemuan ABAC, Anindya Bakrie: Peran RI Penting di Pentas Ekonomi Global

Anindya Bakrie Hadiri Pertemuan Asia Pacific Business Council (ABAC)
Sumber :
  • Instagram Anindya Bakrie

VIVA Bisnis – Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya Bakrie menghadiri pertemuan Asia Pacific Business Council (ABAC) di Negara Brunei Darussalam. Dalam acara pertemuan itu, Anindya Bakrie mendampingi Ketua Umum KADIN sekaligus Ketua ASEAN-BAC 2023, Arsjad Rasjid untuk show Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

"Kolaborasi ABAC, di mana saya sebagai Ketua Indonesia, dan ASEAN BAC penting sekali untuk mensukseskan peran aktivisme Indonesia di pentas ekonomi global menuju ke Indonesia emas 2045," dikutip dari akun instagram @anindyabakrie pada Minggu, 30 April 2023. 

Anindya Bakrie mengatakan ASEAN Indonesia 2023 mengusung tema ASEAN matters: Epicentrum of growth", dan tema ASEAN BAC adalah "ASEAN Centrality: Innovating towards greater inclusivity".

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Anindya Bakrie di Sela-sela Acara Asia Pacific Business Council (ABAC)

Photo :
  • Instagram Anindya Bakrie

"Keduanya sangat relevan dalam konteks dunia saat ini, di mana Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN sangat dibutuhkan untuk memimpin pertumbuhan ekonomi dunia secara inklusif, berkelanjutan dan non-blok," katanya.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Dalam pertemuan itu, lanjut Anindya, dirinya beserta Arsjad Rasjid melanjutkan kembali tradisi ASEAN Caucus karena 7 dari 20 anggota APEC adalah negara anggota ASEAN. 

"Di sini, kami menyamakan persepsi dan menyelaraskan program untuk kami perjuangkan bersama di ABAC 2023 di mana ketuanya adalah Amerika dengan tema 'Equity, Sustainability. Opportunity'," katanya. 

Dalam kesempatan itu juga, Anindya Bakrie dan teman-teman KADIN mendapat kesempatan beraudiensi dengan beberapa Menteri di Brunei Darussalam.

Anindya Bakrie Bertemu Sejumlah Menteri di Asia Pacific Business Council (ABAC)

Photo :
  • Instagram Anindya Bakrie

"Alhamdulillah, sempat merasakan beribadah Jumatan di mesjid megah dan terkenal Jame' Asr Hassanil Bolkiah, sumbangsih Raja Sultan Bolkiah," tuturnya.

Diketahui, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menerima Keketuaan ASEAN Business Advisory Council (BAC) dari Kamboja ke Indonesia. Sebagai Ketua ASEAN-BAC, Arsjad mengungkapkan, kepemimpinan ASEAN-BAC oleh Indonesia akan membawa babak baru bagi langkah dan kebijakan pemerintah yang ingin memajukan negara-negara di kawasan ASEAN. 

Arsjad mengatakan, itu karena visi Indonesia dalam keketuaan ASEAN yang mana untuk memperkuat konektivitas atau hubungan antar negara, di wilayah Asia Tenggara melalui peran krusial kelompok bisnis atau swasta.

"Hubungan dan konektivitas yang kuat di ASEAN itu terlihat dari keterlibatan pihak swasta yang memiliki dampak bagi perdagangan, investasi dan rantai pasok di kawasan Asia Tenggara maupun secara global," kata Arsjad dalam acara pertemuan dan serah terima Keketuaan ASEAN BAC dari Kamboja ke Indonesia, di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Senin, 30 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya