Cuti Bersama Idul Adha, Pergerakan Penumpang Bandara Soetta Rute Internasional Naik

Bandara Soetta.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.

Tangerang – Arus lalu lintas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mengalami peningkatan pada periode libur Lebaran Idul Adha 1444 Hijriyah dan libur sekolah.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto mengatakan, pergerakan arus lalu lintas penumpang mengalami tren peningkatan pada rute internasional.

"Tren peningkatan terus meningkat sejak 19 Juni 2023 sampai hari ini, mengingat kini pun sudah memasuki libur panjang Idul Adha, jadi terus meningkat angka WNI yang berlibur ke luar negeri. Di mana, arus keberangkatan mengalami peningkatan berkisar 11 persen setiap harinya," katanya, Rabu, 29 Juni 2023.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Bandara Soetta.

Photo :
  • Sherly/VIVA.

Sedangkan untuk pergerakan arus kedatangan Warga Negara Asing (WNA) pun juga mengalami peningkatan, yang terjadi sejak 18 Juni 2023, hingga hari ini. Di mana, dari data keimigrasian, peningkatan terjadi sekitar 7 persen, namun untuk data WNA yang keluar wilayah Indonesia sendiri, tidak mencatat pergerakan yang signifikan.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"Dalam kondisi ini, pergerakan WNA juga meningkat tapi, progres pergerakan WNI yang keluar ataupun masuk wilayah Indonesia lebih signifikan. Terlebih, selain memasuki masa liburan sekolah, dan libur panjang akhir pekan bertepatan dengan hari raya Idul Adha dan penambahan cuti bersama," ujarnya.

Meski perlintasan WNI lebih signifikan ke luar negeri untuk berlibur. Namun, pergerakan penumpang untuk berpergian di rute domestik turut mengalami peningkatan yang dimanfaatkan kembali ke kampung halaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya