Traveloka Tambah Fitur 100 Persen Refund Guarantee bagi Penerbangan Internasional

Ilustrasi Industri Penerbangan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

JakartaTraveloka memberlakukan fitur inovatif 100 persen Refund Guarantee bagi pemesanan tiket penerbangan internasional. Ini disebut dilakukan sebagai bentuk fleksibilitas dalam perencanaan perjalanan. Chief Executive Officer (CEO) Transport Traveloka, Iko Putera menjelaskan, fleksibilitas dalam perencanaan perjalanan menjadi salah satu pertimbangan terpenting bagi konsumen, dalam melakukan pembelian tiket perjalanan.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

"Sangat penting bagi Traveloka untuk selalu berinovasi dan menyesuaikan diri dengan tren yang ada, maupun perubahan perilaku konsumen," kata Iko dalam keterangannya, Kamis, 6 Juli 2023.

Dia menjelaskan, opsi perjalanan yang lebih nyaman dengan fleksibilitas dalam mengubah rencana perjalanan sesuai kebutuhan, menjadi penting bagi konsumen Traveloka.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Ilustrasi Traveloka App.

Photo :

Iko menjabarkan, berdasarkan data internal pihaknya tercatat bahwa setidaknya 63 persen konsumen menyatakan bahwa fitur jaminan reschedule dan refund merupakan fitur terpenting dalam membeli tiket pesawat.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

"Guna menjawab kebutuhan itu, Traveloka menghadirkan fitur 100 Percent Refund Guarantee untuk pemesanan tiket penerbangan internasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Iko menambahkan bahwa dalam merencanakan perjalanan internasional, bukan tidak mungkin konsumen dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti. Seperti kemungkinan visa ditolak, atau pun ketika harga tiket pesawat yang tiba-tiba melonjak karena ada event besar seperti konser atau festival musik. 

Dengan menambahkan fitur 100 Percent Refund Guarantee pada pembelian tiket pesawat, diharapkannya hal ini dapat mengatasi ketidakpastian tersebut. Dimana, konsumen tetap dapat membeli tiket pesawat jauh hari sebelum hari keberangkatan, untuk menghindari harga tiket pesawat yang lebih tinggi jika dibeli mendekati hari keberangkatan.

"Sehingga konsumen dapat merasa lebih aman serta fleksibel, dengan tiket yang dapat di-refund jika diperlukan," ujarnya.

Mengutip Survey Criteo mengenai Preferensi Travel Konsumen, pandemi telah menetapkan standar baru dalam aspek pengalaman konsumen. Konsumen menginginkan penyedia layanan perjalanan yang menawarkan fleksibilitas untuk mengubah rencana perjalanan jika diperlukan. Secara global, 42 persen wisatawan mempertimbangkan layanan pengembalian dana yang mudah. 

Riset Traveloka pada April 2023 juga menunjukkan hasil serupa, di mana kemudahan dalam mengubah pemesanan tiket dan jaminan refund merupakan alasan tertinggi konsumen untuk melakukan pembelian dari suatu platform perjalanan online, di samping promosi yang menarik. Sebanyak 52 persen konsumen menginginkan kemudahan untuk mengubah rencana perjalanan, sementara 50 persen konsumen juga menginginkan jaminan refund 100 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya