Naik Kelas Jadi Negara Berpendapatan Menengah Atas, Ekonomi RI Semakin Baik?

Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Indonesia kini naik kelas masuk dalam kelompok negara berpendapatan menengah atas atau upper middle income country. Ekonom Center of Reform on Economic (CORE) Yusuf Rendy Manilet menilai status baru itu dikarenakan kondisi perekonomian RI lebih baik dibandingkan 10 atau 20 tahun lalu.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Yusuf mengatakan, meningkatnya status Indonesia sebagai negara kelas menengah atas, merupakan representasi dari meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat di Indonesia.

"Artinya secara umum kita bisa katakan kondisi perekonomian Indonesia saat ini menuju ke arah yang lebih baik, jika dibandingkan dengan kondisi 10 atau 20 tahun ke belakang. Dan ini diindikasikan dengan meningkatnya pendapatan per kapita Indonesia, dan juga meningkatnya produk domestik bruto dalam beberapa tahun terakhir," ujar Yusuf saat dihubungi VIVA Bisnis, Jumat, 7 Juli 2023.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Ilustrasi penghasilan.

Photo :
  • U-Report

Yusuf menuturkan, peningkatan kelas tersebut searah dengan upaya pemerintah agar Indonesia bisa keluar dari jebakan middle income trap atau negara pendapatan kelas menengah. Kendati demikian, Yusuf memandang status baru ini juga tidak serta merta menjamin Indonesia akan keluar dari jebakan middle income.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

"Karena untuk bisa naik ke kelas negara pendapatan tinggi atau high income class Indonesia masih punya banyak pekerjaan rumah untuk diselesaikan. Dan ini merupakan representasi kondisi saat ini," jelasnya.

Pengangguran Usia Muda Masih Tinggi

Menurut Yusuf, untuk saat ini angka pengangguran usia muda masih relatif tinggi. Kondisi itu berlawanan dengan narasi Pemerintah.

"Kondisi ini tentu berlawanan dengan narasi Pemerintah, yang ingin memanfaatkan bonus demografi untuk kemudian bisa meningkatkan status Indonesia dari upper middle income countries menjadi high income countries," kata dia.

Yusuf melanjutkan, masalah deindustrialisasi dini juga harus menjadi perhatian di tengah peningkatan kelas yang dialami Indonesia.

"Untuk bisa mendorong peningkatan kelas berdampak pada masyarakat yang lebih luas, saya kira upaya untuk mendorong reindustrialisasi kembali menjadi penting untuk dilakukan pemerintah saat ini. Dan berikutnya untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan status Indonesia sebagai negara berpenghasilan tinggi," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya