Luhut Mengaku Sudah Temui Capres 2024, Minta Hilirisasi Era Jokowi Dilanjutkan

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, dirinya telah bertemu dengan calon presiden RI 2024 mendatang. Pada pertemuan itu, Luhut menegaskan bahwa Indonesia harus melanjutkan hilirisasi.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Luhut mengatakan, hilirisasi yang saat ini tengah dijalankan oleh Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan dampak yang begitu hebat.

"Saya bicara dengan calon presiden lah, tadi saya bilang yang enam tadi. Saya bilang ya Anda harus tetap lihat hilirisasi ini, ini hilirisasi baru satu setengah dibuat Pak Jokowi dan sudah membuat dampak begitu hebat. Terusin saja ini," kata Luhut dikutip melalui Youtube CNBC Indonesia Selasa, 11 Juli 2023.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Luhut dan Jokowi (VIVA)

Photo :
  • vstory

Luhut menilai, jika program ini dimulai kembali dari nol, maka akan membutuhkan waktu 4 hingga 5 tahun untuk mengerti mengenai hilirisasi.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Saya mempelajari itu, dan saya dengan Presiden di pesawat terbang melakukan refleksi. Empat tahun loh, baru empat tahun terakhir ini kita mulai jejeg. Jadi kita mulai nih, oh kita ngerti nih, sebelum itu enggak," ujarnya.

Luhut menuturkan, Indonesia merupakan negara yang melimpah. Hilirisasi dapat dilakukan melalui beberapa komoditas seperti, nikel, gas bumi, hingga kelapa sawit.

"Jadi anak-anak muda, sekali lagi, hilirisasi is a must. Enggak boleh ditawar-tawar dan kita harus kompak," jelasnya.

Sehingga dengan itu, Luhut meminta agar masyarakat tidak perlu ribut mengenai hilirisasi. Dia menekankan, agar bekerja sama menciptakan kesejahteraan.

"Jadi kaya sekali negerimu ini, kaya sekali Indonesia ini ngapain ribut-ribut? Kita kerja sama aja, kita bikin rakyat sejahtera. Bukan dengan ngomong aja ngomong, padahal kau belum pernah ada prestasi, udah ngomong kau di sana-sini," ujarnya.

"Ada lagi saya liat mantan-mantan pejabat yang dulu maling juga di dalam. Sekarang suka ngoceh-ngoceh coba sekali-sekali di audit dan dikerjain dia dulu," tambahnya.

Pun, Luhut berpesan kepada pemimpin Indonesia selanjutnya untuk melanjutkan program-program yang sudah dibuat oleh Presiden Jokowi. Itu diantaranya, hilirisasi, digitalisasi, dekarbonisasi, hingga dana desa.

"Listen. My era this, but this is your era. Jadi jangan kamu memperkecil dirimu. Kamu harus bangga menjadi orang Indonesia," kata Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya