Dukung Kelestarian Laut, BKI Perluas Taman Terumbu Karang di Pulau Tidung

Ilustrasi terumbu karang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Siti Nuraisyah Dewi

Jakarta – PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Induk Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey mendukung kelestarian laut dengan perluasan pelestarian taman terumbu karang. Program ini dilaksanakan guna meningkatkan kelestarian laut dan pesisir Kepulauan Seribu DKI Jakarta, khususnya Pulau Tidung. 

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Terumbu karang disebut memiliki peranan sangat penting karena secara ekologis menjadi tempat tinggal, berkembang biak dan mencari makan bagi biota laut. Pada ekosistem terumbu karang dapat dijumpai ribuan jenis ikan dan tumbuhan, selain itu terumbu karang juga penting sebagai pelindung pantai dan lainnya seperti padang lamun dan hutan mangrove.

Di sisi lain, terumbu karang juga memiliki manfaat untuk ekonomis, di antaranya dapat menghasilkan perikanan yang tinggi dan keindahan terumbu karang bisa menjadi devisa bagi negara. 

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

“BKI menyadari bahwa kegiatan atau program ini diselenggarakan perusahaan sejalan dengan bisnis BKI yakni sektor maritim, sehingga kegiatan pelestarian laut penting dilakukan. Selain itu, penanaman terumbu karang membawa peran penting bagi lingkungan secara jangka panjang,” kata Rudy Sunaryadi, Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BKI dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa, 25 Juli 2023.

Terumbu karang di laut Kepulauan Seribu, Jakarta

Photo :
  • Antara/ Rosa Panggabean
Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Diketahui pada 2022 yang lalu, BKI telah menanam terumbu karang sebanyak 188 kubus karang dan 752 bibit tangkai karang. Dari program tersebut, aspek ekologis dan ekonomis dapat meningkat. Namun, agar lebih signifikan peningkatannya, sehingga diperlukan perluasan pelestarian terumbu karang. Transplantasi terumbu karang ini memiliki tujuan utama yakni untuk meningkatkan keberhasilan regenerasi terumbu karang yang rusak, dan mempercepat pemulihannya. 

Transplantasi seringkali dilakukan sebagai bagian dari program konservasi yang lebih luas, yang mencakup upaya pengurangan polusi, dan pendidikan masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem terumbu karang yang sehat. Dalam kegiatan perluasan pelestarian terumbu karang ini, lanjut dia, BKI secara lebih luas berharap dapat mengurangi dampak degradasi terumbu karang di Pulau Tidung yang sudah di ambang kehancuran. 

"Ini memberikan tempat tinggal dan berkembang biak bagi biota laut, menciptakan pelindung ekosistem pelindung pantai, memecah energi gelombang besar, sehingga mencegah terjadi nya abrasi di pesisir pantai, menjadikan sumber daya laut yang memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi, sebagai laboratorium alam untuk penunjang penelitian dan pendidikan, memberikan wawasan tentang melindungi ekosistem laut dan menjaga keseimbangan ekosistem,” tutup Rudy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya