Ahok Batal Jadi Dirut, Pertamina Hanya Rombak Jabatan Wakil Komisaris Utama

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • vstory

Jakarta – PT Pertamina (Persero) telah melaksanakan rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini. Dalam RUPS itu sudah diputuskan tidak ada perombakan pada posisi Direktur Utama Pertamina, yang ditempati oleh Nicke Widyawati.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Sebelumnya, santer diisukan bahwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menjabat sebagai Komisaris Utama akan menggantikan Nicke di posisi Direktur Utama.

"Masih tetap (Ahok menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina)," ujar VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso saat dihubungi VIVA, Kamis malam, 27 Juli 2023.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Gedung Pertamina Pusat

Photo :
  • Pertamina

Dengan demikian, hasil RUPS Pertamina hanya mengganti posisi Wakil Komisaris Utama Pertamina, yang kini diduduki oleh Rosan Roeslani. Karena sebelumnya posisi itu ditempati oleh Pahala Mansury, yang kini sudah diangkat menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Beberapa waktu lalu, Menteri BUMN, Erick Thohir sempat mengatakan, pergeseran tugas merupakan sesuatu yang bisa saja terjadi di Pertamina. Meskipun, Erick mengakui bahwa sampai saat ini belum ada keputusan mengenai wacana pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Dirut Pertamina.

"Tour of duty bisa saja terjadi, tapi saya belum bisa mengkonfirmasi kalau memang itu sudah ada keputusan," kata Erick di kantornya, Jumat, 21 Juli 2023.

Karenanya, Erick pun menegaskan bahwa sampai saat ini, belum ada kebutuhan untuk pergantian kepemimpinan di Pertamina. "Apakah pergantian daripada kepemimpinan itu harus terjadi? Sampai hari ini belum," ujarnya.

Sementara, Ahok sendiri juga sempat buka suara terkait adanya isu perombakan dalam tubuh Direksi Pertamina. Dia bahkan membantah jika dirinya bakal diangkat menjadi Dirut Pertamina, menggantikan Nicke Widyawati. 

Sebab, kabar mengenai pengangkatan Ahok menjadi dirut Pertamina ini juga sudah beredar kencang dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu ditambah bahwa pada Selasa, 18 Juli 2023, Ahok melakukan pertemuan secara intens dengan Erick Thohir di kantor Kementerian BUMN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya