Dinilai Bermanfaat untuk Masyarakat, QRIS Sabet Penghargaan Internasional

Transaksi non tunai menggunakan QRIS BNI Mobile Banking
Sumber :
  • BNI

Jakarta - Quick Response Code Indonesian Standard? (QRIS) meraih penghargaan Indonesia Recognition of Excellence 2023 oleh OpenGov Asia. Penghargaan itu diperoleh karena QRIS dinilai telah berdampak pada transformasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dipimpin Umar Kei, FPMM Deklarasi Dukung Murad Ismail di Pilgub Maluku 2024

Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono mengatakan, per 31 Juni 2023 QRIS telah mencapai 26,7 juta merchant, dengan 91,4 persen. Dari jumlah itu adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Organisasi internasional OpenGov Asia menilai QRIS telah berdampak pada transformasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat. QRIS dipandang sebagai powerful tool yang dapat mendukung digitalisasi dan integrasi regional," kata Erwin dalam keterangan Jumat, 4 Agustus 2023.

Dukung Pers Sehat, BPJS Kesehatan Kembali Raih Penghargaan Bergengsi

Pedagang penggguna QRIS.

Photo :
  • Maha Liarosh/VIVA.

Erwin menuturkan, Indonesia Recognition of Excellence 2023 merupakan penghargaan yang mengapresiasi lembaga dan organisasi sektor publik atau swasta, yang telah mencapai keunggulan dalam menggunakan Information and Communication Technology (ICT) untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

Lebih lanjut, dia menjelaskan, QRIS merupakan sebagai bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025. Di mana QRIS diluncurkan oleh BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

"Dalam perkembangannya, QRIS telah memiliki berbagai fitur yang semakin memudahkan pengguna dan pedagang/merchant, antara lain QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM) (2020), QRIS Consumer Presented Mode (CPM) (2021), dan QRIS Antar Negara (2022)," jelasnya.

Adapun jumlah transaksi QRIS sepanjang 2022 tercatat sebesar 1,03 miliar transaksi, atau tumbuh sebesar 86 persen year on year (yoy).

"Bank Indonesia berkomitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi fitur QRIS seperti QRIS Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai (TUNTAS) yang akan segera diluncurkan, serta perluasan kerja sama QRIS, termasuk kerja sama perluasan interkoneksi pembayaran QR Code dengan negara mitra," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya