Raup Rp 404,6 Miliar dari IPO, Anak Usaha Grup Erajaya Ini Siap Ekspansi Bisnis

PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) resmi IPO di BEI.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) yang terafiliasi dengan Erajaya Group, telah resmi melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui initial public offering (IPO) hari ini, Selasa, 8 Agustus 2023.

Kinerja Industri Pengolahan RI Kuartal I-2024 Moncer, BI: Ada di Fase Ekspansi

Direktur Utama Sinar Eka Selaras, Djohan Sutanto mengatakan, dalam aksi korporasi ini pihaknya berhasil meraup dana segar sebanyak Rp 404,6 miliar, melalui penerbitan 1,04 miliar saham baru.

"Dari dana yang diperoleh, sekitar 37 persen akan digunakan untuk ekspansi bisnis eksisting, kemudian sekitar 13,75 persen akan digunakan untuk untuk mendukung ekspansi bisnis baru," kata Djohan dalam keterangannya, Selasa, 8 Agustus 2023.

BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO

Ilustrasi investor pasar modal.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Perusahaan yang bergerak di perdagangan end to end retail product ini akan menggunakan sisa dana tersebut untuk modal kerja.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

"Selebihnya, sebesar 49,25 persen digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja Perseroan," jelasnya.

Djohan mengatakan, pihaknya bakal memanfaatkan potensi besar dari sektor ritel gaya hidup, yang saat ini terus berkembang di Indonesia. "Ditambah lagi kegiatan konsumsi merupakan penopang terbesar untuk pertumbuhan ekonomi nasional hingga saat ini," kata Djohan.

Dalam aksi korporasi ini, ERAL dibantu oleh PT BNI Sekuritas dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Setelah IPO, komposisi pemegang saham ERAL menjadi PT Erajaya Swasembada Tbk 79,99 persen, dan masyarakat 19,98 persen.

"Kemudian ada pula Employee Stock Allocation (ESA) 0,02 persen, dan Jemmy Hady Wijaya 0,0002 persen," ujarnya.

Diketahui, hingga saat ini, ERAL telah memiliki berbagai portofolio brand papan atas untuk sejumlah segmen produk di sektor ritel. Di segmen Accessories (ecosystem), ERAL mengelola berbagai brand produk papan atas, seperti halnya Apple, Huawei, JBL, Microsoft, Playstation, Samsung, Xiaomi, dan sebagainya.

Sementara di segmen Internet of Things (IoT), ERAL mengelola brand DJI, Garmin, GoPro, Marshall, Segway dan sebagainya. Kemudian di segmen sportswear, fashion, dan outdoors, ERAL memiliki portofolio brand JD Sports, ASICS, serta Urban Adventure.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya