Jadi Pintu Gerbang Wisman Asia Selatan, Bandara Kualanamu Buka Rute Penerbangan Medan-Chennai India

Inaugural Flight Kualanamu- Chennai di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra.

Medan – Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara siap menjadi pintu gerbang wisatawan mancanegara (Wisman), untuk menikmati dan menjelajahi destinasi pariwisata di Indonesia, terutama di Sumut ini.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Hal itu, diungkapkan oleh Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura Aviasi (AP), Achmad Rifai pada acara Inaugural Flight Batik Air dengan rute Bali-Medan ke Chennai, kota terbesar negara bagian Tamil Nadu, India. Yang berlangsung di lantai II Keberangkatan Internasional Bandara Kualanamu, Jumat petang, 11 Agustus 2023.

"Bandara Internasional Kualanamu, siap untuk menjadi pintu gerbang wisatawan asing. Yang akan, menjelajahi destinasi di Indonesia maupun sebaliknya," ucap Achmad.

Deretan negara Ini Ternyata Miliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Sejumlah calon penumpang pesawat udara menunggu di ruang tunggu Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada H-2 lebaran Idul Fitri, Minggu 1 Mei 2022.

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Dengan hadirnya penerbangan Kualanamu-Chennai ini dan sejumlah penerbangan internasional, Achmad mengungkapkan pihaknya, terus melakukan inovasi dalam mengatur jalur transit penerbangan Internasional.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

"Penerbangan internasional tersebut, dengan akses Internasional ke Domestik dan Internasional ke Internasional. Dan harapannya penerbangan multi konektivitas akan terus bertumbuh," sebut Achmad.

Dengan buka rute penerbangan Bali-Medan-Chennai ini, tidak lepas menjadi potensi besar, dalam mendatangkan wisatawan mancanegara ke Tanah Air. Apa lagi, di Sumut memiliki potensi wisata Dunia seperti Danau Toba, Nias dan Bahorok, di Kabupaten Langkat.

"Ini momentum yang bersejarah yang menghubungkan untuk pertama kalinya. Antara Asia Selatan dan Indonesia yakni Bandara Kualanamu, Deli Serdang adalah bagian terdekat dengan negara Asia Selatan. India, Pakistan, Sri Langka dan Bangladesh," jelas Achmad. 

Achmad mengungkapkan bahwa sudah lama ada ide-ide untuk mengadakan penerbangan antara Asia Selatan dan Indonesia bagian Barat. Dengan lalu lintas penerbangan cukup padat setiap harinya dengan melayani penerangan domestik dan internasional.

"Kualanamu adalah Bandara yang paling besar di bagian Barat Indonesia. Bandara yang sebelum Pandemi bisa sampai dengan 10,2 juta penumpang setahun. Kita sekarang sudah kembali normal penumpangnya," jelas Achmad.

Achmad mengatakan Kualanamu akan terus menambah penerbangan dan akan terus menambah hingga peningkatan penumpang yang ada. Selama ini Bandara Kualanamu menjadi secara tradisional menghubungkan bandara tujuan di Asia Tenggara.

"Secara domestik bagian Barat Sumatera, Riau Kepulauan dan lain-lain itu menjadi tradisional wilayah cakupan adalah Bandara Kualanamu dan sekarang tambah. Kita menjadi Bandara pertama yang menghubungkan langsung secara historis dengan salah satu Bandara yang ada di India dalam hal ini Chennai," jelas Achmad.

Dengan rute penerbangan tersebut, Achmad mengucapkan terima kasih Lion Air Group yakni Batik Air mempercayai Bandara Kualanamu, untuk menjadi Bandara destination yang akan menghubungkan dengan Chennai.

"Saya berterima kasih dengan Departemen Perhubungan, pariwisata, Otoritas Bandara dan yang lain yang membuat penerbangan ini menjadi kenyataan," ucap Achmad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya