Kenapa Jakarta Aquarium Dibangun di dalam Mall? Ini Alasannya

Jakarta Aquarium
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

Jakarta – Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) merupakan akuarium indoor terbesar di Indonesia, di bawah naungan Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan Aquaria KLCC, Malaysia. Lokasi Jakarta Aquarium & Safari ini berada di Neo Soho Mall, Jakarta Barat.

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Mengapa Neo Soho Mall dijadikan tempat untuk rumah bagi ratusan ikan? Saat jumpa media pada Rabu, 9 Agustus 2023, Board Member Taman Safari Agus Susanto mengatakan, salah satu alasannya karena rancangan bangunan.

Jakarta Aquarium

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan
Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

“Jadi memang Jakarta Aquarium Safari ini konsepnya kolam indoor ya, memang di dalam ruangan. Untuk bisa menampung volume air sebesar ini tentu saja butuh fondasi yang kuat dan tidak bisa kita pilih bangunan yang sudah jadi. Jadi, akuarium dibangun bersamaan dengan pembangunan mall,” kata Agus.

Kata Agus, pembangunan Taman Safari tidak bisa sembarangan tempat atau di kawasan taman nasional. Sebab, tidak semua hewan di Taman Safari endemik dari Indonesia.

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Menurutnya, hewan tersebut tidak mungkin di lepas di taman nasional karena bukan habitatnya. Hal ini tentu bisa mengganggu ekosistem. Juga, taman nasional harus steril karena digunakan untuk penelitian dunia.

Sementara General Manager Jakarta Aquarium & Safari, Stephanie Tratama, menambahkan, pemilihan lokasi mall juga mempertimbangkan kemudahan dari pengunjung.

Jakarta Aquarium

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

“Kita semenjak tahun 2015, bahwa shopping mall akan menjadi tempat experience dan trend ini lumayan booming. Dan kita tahu posisi taman safari itu jauh dari pusat kota dan butuh waktu untuk menempuhnya. Dan kita pikir ada produk baru dan kenapa tak kita letakkan di pusat kota? Jadi, orang tak perlu macet-macetan atau menempuh perjalanan lama. Setelah itu mereka juga bisa langsung ke mall saja,” kata Stephanie.

Selain pemilihan lokasi, pihaknya juga menyiapkan beragam acara supaya pengunjung kembali datang. Kata Stephanie, setiap dua atau tiga bulan selalu mengadakan acara baru dan menambah koleksi baru.

“Ada edukasi dan hiburan juga. Jadi kita sekali 2 atau 3 bulan selalu ada event baru, nambah koleksi baru. Dan orang terus repeat datang,” pungkasnya.

Di Jakarta Aquarium & Safari ini pengunjung bisa menyaksikan lebih dari 3.500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik. Satwa-satwa akuatik menarik di Jakarta Aquarium & Safari, antara lain Sea Dragon, Moray Eel, Penguin Humboldt, Giant Isopod, dan Tufted Capuchin Monkey.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya