Tambah Modal Produksi Kendaraan Listrik, VKTR Raih Kredit Rp 250 Miliar dari BCA

Kerja sama VKTR dan BCA.
Sumber :
  • Dokumentasi VKTR.

Jakarta - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) memperoleh fasilitas kredit senilai Rp 250 miliar, dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Kymco Perluas Jaringan Penukaran Baterai Motor Listrik

Proses penandatanganan perjanjian fasilitas kredit pada Senin, 14 Agustus 2023 ini, melibatkan Direktur Utama & CEO VKTR, Gilarsi W Setijono, Executive Vice President Group Corporate Banking BCA, Raymond Tanuwibowo, dan Vice President Corporate Branch BCA, Liliani Kurniawan.

"Untuk meningkatkan kapasitas modal kerja perseroan," kata Gilarsi, Senin, 14 Agustus 2023.

Longsor di Enrekang Putuskan Akses Transportasi Tiga Kabupaten, Menurut BPBD

Gilarsi menjelaskan, kerja sama ini adalah permulaan yang luar biasa antara dua entitas yang memiliki visi serupa, yakni mewujudkan upaya elektrifikasi transportasi di Indonesia.

"Ini adalah wujud nyata dari komitmen BCA sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, dalam berkontribusi terhadap pencapaian Net Zero Emission Indonesia di tahun 2060," ujar Gilarsi.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Kerja sama VKTR dan BCA.

Photo :
  • Dokumentasi VKTR.

Dia menjelaskan, semakin banyak institusi bisnis yang tertarik untuk beralih ke penggunaan kendaraan listrik (EV), untuk berbagai keperluan komersial dan transportasi pegawai. Dana yang diperoleh dari BCA akan membantu VKTR meningkatkan modal kerjanya, memungkinkan Perseroan untuk memenuhi permintaan tersebut.

Saat ini, VKTR telah memulai perakitan kendaraan listrik komersial di Magelang, namun kapasitasnya masih terbatas. Dengan dukungan tambahan modal kerja dari BCA, VKTR pun berencana untuk memperluas kapasitas perakitan dan penjualannya.

"Fasilitas kredit ini terdiri dari dua jenis, yaitu fasilitas kredit lokal dengan batas maksimal Rp 15 miliar, dan fasilitas Kredit Multi Facility (KMF) dengan batas maksimal Rp 235 miliar. Keduanya memiliki jangka waktu satu tahun," ujarnya.

Anindya N. Bakrie, Presiden Komisaris PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Senada, Komisaris Utama VKTR, Anindya N. Bakrie, mengaku bersyukur atas dukungan dari BCA, dalam membantu VKTR memasyarakatkan elektrifikasi kendaraan dan membantu upaya dekarbonisasi di Tanah Air.

"Alhamdulillah upaya kami VKTR untuk elektrifikasi kendaraan dan dekarbonisasi mendapat dukungan dari teman-teman Bank BCA," kata Anindya dalam unggahan di Instagram @anindyabakrie, Senin, 14 Agustus 2023.

Dia berharap, kerja sama antara VKTR, sebagai pelopor elektrifikasi kendaraan listrik di Indonesia, dengan BCA, sebagai bank swasta terbesar di Indonesia ini, bisa menghasilkan manfaat yang baik. Apalagi, baik VKTR maupun BCA memiliki visi serupa, yakni menghadirkan elektrifikasi transportasi di Indonesia.

"Dana dari BCA ini akan membantu kami meningkatkan modal kerja. Seperti diketahui saat ini VKTR telah memulai perakitan kendaraan listrik komersial di Magelang, untuk meningkatkan Taraf Kandungan Dalam Negri (TKDN). Dengan dukungan tambahan modal kerja dari BCA ini, VKTR akan memperluas distribusi penjualan," ujar Anindya.

"Sangat berarti mengingat semakin hari pasar kendaraan listrik semakin berkembang. Karena semakin banyak institusi bisnis yang tertarik untuk beralih ke penggunaan kendaraan listrik, untuk berbagai keperluan komersial dan transportasi pegawai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya