RAPBN 2024 Anggarkan Rp 40,6 Triliun untuk Pembangunan IKN, Fokus Bangun Ini

Pembangunan IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta –  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada 2024 mengalokasikan anggaran Rp 40,6 triliun untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

"Anggaran untuk IKN tahun depan Rp 40,6 triliun," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan di Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023.

Bendahara negara ini mengungkapkan, anggaran Rp 40,6 triliun juga sudah termasuk untuk pembangunan Bandara VVIP di IKN.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

"Kemudian untuk (anggaran) IKN tahun depan, termasuk untuk pembangunan dari airport VVIP yang kemarin sudah diputuskan oleh Presiden (Jokowi)," ujarnya.

Reforestasi IKN.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.
Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan infrastruktur di IKN kini sudah 30 persen. Sedangkan untuk pembangunan jalan tol ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

"Kalau kayak Bendungan Sepaku Semoi itu akhir tahun ini sudah selesai, sudah  diisi airnya. Sekarang baru mau mulai water treatment plant ya," jelasnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Pasar Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA/Desca Lidya Natalia

Basuki mengatakan, untuk pembangunan 47 tower hunian bagi ASN, TNI, dan Polri akan dimulai pada bulan September 2023. Dalam hal ini ditargetkan 12 tower akan selesai dibangun pada Juli 2024.

"Termasuk Masjid Negara IKN sudah juga mulai di bangun,  kantor presiden, 4 kantor Kemenko, Kemudian Mensesneg juga akan selesai pada tahun 2024. Termasuk lapangan untuk upacara yang akan kita siapkan aku mudah-mudahan Juni sudah bisa selesai," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya