Karnaval Kemerdekaan HUT RI Bawa Berkah, Rental Cosplay di Jombang Panen Cuan

Warga Jombang produksi Cosplay sambut HUT Kemerdekaan RI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Jombang - Momen perayaan Kemerdekaan HUT RI ke 78, studio cosplay di Kabupaten Jombang, kebanjiran pesanan.  Berbeda dengan hari biasa, pemesanan cosplay di momen HUT RI seperti membawa berkah.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Salah satunya seperti pelaku usaha di studio cosplay di Perum Griya Kencana Mulya. Pemilik Studio Wakeko Cosplay Reza Andi Faizal (30) mengatakan, pada Agustus saat ini, produksi cosplay berjalan. Namun, paling banyak adalah sewa kostum cosplay dengan beragam karakter super hero.

"Lebih banyak ke sewanya. Yang paling banyak diminati kostum karakter, cuman yang sewa banyak sih kalau di bulan Agustus," kata Reza, Sabtu, 19 Agustus 2023.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Dia mengatakan penyewa cosplay karakter superhero ingin gunakan untuk memeriahkan karnaval di desa-desa. Sebab, di momen Agustus ini banyak sekali gelaran karnaval. Ternyata hal itu membawa berkah baginya.

"Ya biasanya disewa untuk memeriahkan karnaval di Desa. Tiap harinya bisa 3 cosplay, hari biasanya gak ada, kalau untuk sewa, kalau untuk order cosplay, masih standar seperti biasa setiap bulannya," jelas Reza.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Warga Jombang produksi Cosplay sambut HUT Kemerdekaan RI.

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Menurut dia, dalam satu bulan, pesanan pembelian cosplay dari dalam negeri maupun luar negeri bisa mencapai 40 kostum. Sedangkan, untuk penyewaan, sampai tanggal ini, sudah ada 15 cosplay yang keluar disewakan.

"Tiap bulannya itu 40 sampai 50 an cosplay. Pengiriman ke seluruh Indonesia, Jakarta yang paling banyak. Sedangkan kalau ke luar (negeri) juga ada, seperti di USA, Australia, Inggris," tuturnya.

Dia bilang untuk harga cosplay juga tergantung dari daerah pemesanan. Selain itu harga ini dipengaruhi kerumitan dan bahan pembuatan cosplay.

"Harganya untuk order cosplay, wilayah Indonesia mulai dari Rp2,7 juta sampai Rp5 juta. Kalau ke luar negeri mulai $300 dolar, sampai $600 dolar. Kalau untuk sewa harganya, Rp250 ribu rupiah per harinya," ujarnya.

"Yang paling diminati masyarakat ini tokoh karakter satsu, kayak komenrider, power ranger. Sampai hari ini sudah keluar disewa sekitar 15 kostum. Peningkatannya kalau sewa sampai 100 persen," katanya.

Ia menceritakan, usaha bisnis cosplay superhero sudah dimulai sejak 2015. Ia mengaku merintis bisnis itu karena hobi cosplay. Hobi inilah yang membawanya meraup keuntungan hingga puluhan juta per bulan.

"Usaha ini sejak 2015. Berawal dari hobi dulu, terus saya tekuni, ternyata hasil (cuan), ya saya teruskan. Kalau sebulan omsetnya bisa Rp30 sampai Rp50 juta ," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya