Gaji ASN Naik 8 Persen Tahun Depan, Sekda Kota Semarang: Kinerja Harus Lebih Baik

Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin.
Sumber :
  • tvOne/Didiet Cordiaz - Semarang

Semarang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin merespons pengumuman Presiden Jokowi terkait kenaikan gaji bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pusat dan daerah/TNI dan Polri sebesar 8 persen pada 2024.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Jika nantinya terealisasi, ASN yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga harus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Tentu dengan kenaikan gaji itu, kabar gembira bagi PNS (pegawai negeri sipil)," kata Iswar di Semarang, Senin, 21 Agustus 2023.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Pidato Presiden Jokowi Sampaikan RUU Anggaran Pendapatan dan APBN 2024

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Presiden RI Joko Widodo pada Rabu, 16 Agustus 2023 lalu telah menyatakan kenaikan gaji dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"RAPBN 2024 mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji untuk ASN pusat dan daerah/ TNI/Polri sebesar 8 persen dan kenaikan untuk pensiunan sebesar 12 persen,” kata Presiden Joko Widodo dalam pidato penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2024 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPR RI Tahun Sidang 2023-2024, di Gedung MPR/DPR, Jakarta.

ASN Harus Imbangi dengan Kinerja Baik

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS dan PPPK.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Iswar juga mengingatkan kepada para ASN agar tidak hanya senang dengan usulan kenaikan gaji tersebut. Tapi harus diimbangi dengan kinerja yang lebih baik.

"Bagaimana kecepatan melayani masyarakat, bagaimana Kota Semarang harus lebih baik lagi. Saya kira itu yang harus dilakukan temen-temen ASN,” tuturnya.

Terkait dengan usulan kenaikan gaji oleh Presiden Joko Widodo, Iswar mengatakan jika Pemerintah Kota Semarang siap mengimplementasikan apa yang telah diputuskan oleh pemerintah pusat.

"Ya, apapun itu, kami pasti mengikuti. Yang memang sudah keputusan pemerintah pusat. Berapa persen kenaikan, nanti akan kami siapkan. Paling tidak dari Dana Alokasi Umum (DAU)," bebernya.

"Bagaimana kebijakan pusat, kami pasti akan mengikuti," tuturnya.

Laporan: tvOne/Didiet Cordiaz – Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya