Sinar Mas Gandeng Trina Solar Bangun Pabrik Sel serta Modul Surya Terintegrasi Pertama di RI

Sinar Mas gandeng Trina Solar bangun pabrik sel surya serta modul surya terintegrasi.
Sumber :
  • Dok. Sinar Mas

Jakarta – Sinar Mas mendukung percepatan pengembangan serta pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia. Hal itu diwujudkan melalui PT Daya Sukses Makmur Selaras, entitas anak tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan PT Agra Surya Energi yang menggandeng Trina Solar untuk mengembangkan pabrik manufaktur sel surya dan modul surya terintegrasi pertama di Indonesia.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Di bawah naungan PT Trina Mas Agra Indonesia, akan hadir pabrik dengan kapasitas produksi awal sebesar 1 gigawatt peak per tahun bernilai investasi lebih dari 100 juta dolar AS ini; Pabrik itu dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, Jawa Tengah, yang menggunakan teknologi i-TOPCon cell and module termutakhir.

Wakil Presiden Direktur PT Dian Swastatika Sentosa, Tbk, Lokita Prasetya yang mewakili juga manajemen Trina Mas Agra Indonesia mengatakan, tujuan utama pembangunan pabrik adalah untuk mendukung program peningkatan bauran energi baru terbarukan pemerintah Indonesia dan PT PLN (Persero) melalui penyediaan sel surya dan panel surya produksi dalam negeri yang sesuai dengan tingkat konsumsi dalam negeri dengan merek yang bankable

Jokowi Tugasi Luhut Muluskan Rencana Investasi Apple di Indonesia

“Kami optimistis beroperasinya pabrik ini akan mendukung upaya bersama bangsa Indonesia menyediakan sumber energi yang bersih serta terbarukan. Dengan harapan rantai produksi panel surya di negara kita terus menguat, sehingga ke depannya, produk yang dihasilkan menjadi semakin kompetitif, dan dengan kualitas yang semakin baik. Hal mana sangat penting karena peluang pasar yang ada masih sangat terbuka,” ujar Lokita saat peletakan batu pertama dikutip dalam keterangan tertulis, Senin, 28 Agustus 2023.

Sinar Mas gandeng Trina Solar bangun pabrik sel surya serta modul surya terintegrasi.

Photo :
  • Dok. Sinar Mas
Jokowi Ingin Apple Buka Pabrik di Indoneisa, Tim Cook: Kami Pertimbangkan

Pabrik panel dan sel surya diharapkan dapat beroperasi secara komersial masing-masing pada kuartal kedua dan kuartal ketiga tahun 2024. Para pihak dalam kemitraan ini berencana meningkatkan kapasitas produksi pabrik hingga mencapai 3 gigawatt peak dalam 2-3 tahun mendatang.

“Kehadiran fasilitas produksi di Kendal adalah komitmen perusahaan di bawah naungan Sinar Mas dalam mendukung percepatan transisi energi guna menurunkan pelepasan emisi karbon yang pemanfaatannya diharapkan mencapai hingga 31 persen pada tahun 2050, dengan capaian net zero emission di tahun 2060. Karena meluasnya pemanfaatan energi surya, akan memberikan nilai tambah tak hanya bagi kami, namun juga para penggunanya, baik dari lingkup sektor industri maupun residensial, serta tentunya lingkungan hidup kita,” kata Managing Director Sinar Mas, Ferry Salman. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Photo :
  • Dok. Sinar Mas

Turut hadir dalam peresmian, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, Kementerian Perindustrian, Eko S. A. Cahyanto, Bupati Kabupaten Kendal, Dico Mahtado Ganinduto, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN (Persero), Hartanto Wibowo, serta Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin. 

PT Dian Swastatika Sentosa, Tbk, adalah salah satu pilar usaha Sinar Mas di bidang energi dan infrastruktur yang telah mengembangkan beberapa pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas total mencapai 900 MW. 

Sedangkan Trina Solar adalah produsen modul PV surya terkemuka di dunia yang terdaftar sebagai salah satu dari Tier 1 AAA bankable solar panel oleh Bloomberg New Energy Finance (BNEF) dan secara konsisten mempertahankan posisinya sebagai 5 perusahaan dengan kapasitas produksi terbesar di dunia. 

Sementara PT Agra Surya Energi adalah perusahaan dalam negeri yang berfokus pada pengembangan PLTS atap, dengan portfolio dan rencana pengembangan PLTS atap yang saat ini mencapai lebih dari 100 MWp.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya